Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kedapatan ASN Berpihak, Bawaslu Menelusuri

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin jadi pembina apel ASN di Kantor Camat V Koto Kampung Dalam. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.vom--- Terkait dengan himbauan netralitas ASN, Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin menjadi pembina apel gabungan di Kantor Camat V Koto Kampung Dalam, Senin (2/10/2023).

Apel tersebut diikuti oleh ASN, TNI, POLRI, Panwascam, dan PKD se Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Sedangkan dari Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin didampingi staf teknis Rico Prinaldi, Bhiwa, dan Sinta Kurnia.

Selaku pembina Apel, dalam sambutannya Ketua Bawaslu Azwar Mardin memperkenalkan struktur, fungsi, dan tugas Bawaslu secara keseluruhan.

Sementara itu himbauan dan sosialisasi mengenai netralitas ASN dalam Pemilu disampaikan dalam pertemuan setelah apel.

Sosialisasi netralitas ASN dalam Pemilu dilanjutkan di Aula Kantor Camat V Koto Kampung Dalam.

Ketua Bawaslu Azwar Mardin bertindak selaku pemateri menyampaikan, bahwa Bawaslu merupakan badan vertikal yang menjalankan aturan kepemiluan yang sudah diatur dalam undang-undang. Salah satunya mengawasi netralitas ASN dalam Pemilu.

"Bentuk netralitas ASN adalah tidak melakukan tindakan-tindakan ataupun aktifitas yang menunjukan keberpihakan kepada peserta pemilu. Artinya ASN tidak ikut secara langsung melakukan kampanye dan mengarahkan masyarakat untuk berpihak kepada salah satu peserta pemilu. Jika terjadi dan ada laporan ke Bawaslu, maka akan ada penelusuran dari pihak Bawaslu," ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga diwarnai dengan sesi tanya jawab yang mengundang antusias peserta. Berbagai pertanyaan muncul dari peserta. 

Salah satu peserta Safrizal yang menanyakan bagaimana solusi bagi ASN memposisikan dirinya saat berada di situasi yang tidak disengaja bersama peserta pemilu (caleg).

Menjawab pertanyaan tersebut Ketua Bawaslu, Azwar Mardin menekankan untuk tetap mengikuti aturan dan menjujung tinggi netralitas ASN, yaitu tidak menggunakan atribut-atribut ataupun tidak melakukan aktifitas yang menunjukan keberpihakan. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies