Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prof. Yusuf Liu Baojun, Pelukis Kaligrafi China Muslim Malaysia akan Meriahkan Pameran IMLF Dua di Padang

PROF Yusuf Liu Baojun, memamerkan karya kaligrafi nya di hadapan Denny JA, Ketum SatuPena. (ist)

Padang, Sigi24.com--Prof. Yusuf Liu Baojun, Pelukis Kaligrafi China Muslim akan memeriahkan pameran lukisan bersama pelukis dari Sumbar dan dari negara lain di Taman Budaya Padang. Yusuf Liu yang penulis dan telah menghasilkan 37 buku ini juga pernah memamerkan pembuatan lukisan kaligrafi sepanjang 25 meter di Jakarta tahun lalu pada acara Wara-Wiri Feskraf. 

Demikian disampaikan Koordinator Pameran Yenny Ibrahim, Rabu (17/4/2024) di Taman Budaya , Jalan Diponegoro Padang. 

"Pameran lukisan ini akan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar bersama dengan pameran foto, buku dan bazar karya delegasi the 2nd Internasional Minangkabau Literacy Festival ( IMLF kedua) yang diikuti 17 negara. Rencana pameran berlangsung selama seminggu sejak tanggal 8 - 15 Mei dan terbuka untuk umum," tutur Yenni Ibrahim.

Lebih lanjut Yenny mengatakan pameran ini adalah bagian dari kegiatan the 2nd IMLF kolaborasi Taman Budaya Padang dengan panitia IMLF kedua untuk memberi ruang tampil dan berkarya bagi para pelukis dan penulis Sumbar yang hebat-hebat pada even internasional ini. Sekaligus memanjakan mata dan rasa bagi penikmat seni yang ada di Kota Padang. 

Beberapa nama akan tampil untuk pameran lukisan tercatat nama Prof. Hashim Jaacob (Malaysia), Yusuf Liu Baojun (China Muslim Malaysia), Denny JA (Jakarta-Indonesia), Dr. Resma Ramesh (India), Herismen Tojes (Padang-Indonesia), dan puluhan pelukis lainnya dari Sumbar.  

Sementara untuk peluncuran dan pameran buku tercatat antara lain Prof. Malachi Edwin (Malaysia), Pipiet Senja (Jakarta - Indonesia), Eka Teresia (Padang), Sosonjan A Khan (Brunei), Kathrina Tati (Sabah- Malaysia), Rebecca Fanany (Australia), Sastri Bakry (Padang), Armaidi Tanjung (Padang), dan sejumlah anggota SatuPena Sumatera Barat lainnya. “Sedangkan yang akan mengikuti bazar UKM antara lain Permata Hati,” kata Yenni menambahkan.


Ketua DPD SatuPena Sumatera Barat Sastri Bakry menyampaikan, DPD SatuPena Sumbar telah sukses melaksanakan IMLF pertama pada 22-27 Februari 2023 lalu yang diikuti delegasi dari 12 negara. Berbagai kegiatan diselenggarakan seperti seminar internasional, bazar buku (book fair), bazar kuliner (food fair), workshop kepenulisan, panggung hiburan, pembacaan puisi, pertunjukkan kesenian dan lomba. 

“Pada IMLF ke-II, salah satu seminar internasional diselenggarakan di Padang, tepatnya di aula Bank Indonesia Sumbar pada Kamis (9/5). Yang akan tampil sebagai pembicara antara lain Carlos Velasquez Torres ( Columbia), Carlos Aguasaco (USA), Luz Maria Lopez (Puerto Rico), Dr. Sara Hawass (Egypt), Dr. Reshma Ramesh (India), Maria Mistrioti (Greece), Kieu Bich Hau (Vietnam), Prof. Dr. Hashim Yaacob (Malaysia), Aminur Rahman (Bangladesh), Wakil Gubernur Sumbar, Kepala Bank Indonesia, Kepala Badan Pembina dan Pengembangan Bahasa, Kepala BRIN, Prof. Gusti Asnan (Unand Padang), Wahyu Rizky Andhifani (BRIN) dan Asyhafi Mufsi Sadzali (Universitas Indonesia),” tutur Sastri Bakry.

IMLF-2 ini dilaksanakan di Kota Padang, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Ditargetkan diikuti 200 peserta, baik dari 17 negara, maupun dari Indonesia. (rls/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies