Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Serah Terima Siswa Kelas XII MAN III Padang Pariaman Berkesan dan Bermakna

Foto bersama peserta hafidz MAN III Padang Pariaman dengan Kepala, majlis guru, komite, dan Kemenag. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Keluarga besar MAN 3 Padang Pariaman melaksanakan "baralek pelepasan dan serah terima" siswa kelas XII, dari madrasah kepada orang tuanya, Sabtu 9 Maret 2024, di halaman MAN 3 Padang Pariaman Jl. H. Syamsuar Wahid, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman. 

Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, S.Ag.,MM.

Acara berlangsung dengan meriah dan penuh hikmat meskipun cuaca hujan. Acara diawali dengan penampilan tari pasambahan dari Sanggar Tari MAN 3 Padang Pariaman dibawah binaan Ratnawilis, S.Pd (salah seorang guru seni MAN 3 Padang Pariaman). 

Pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan kalam ilahi oleh Rahil, salah seorang siswa MAN 3 Padang Pariaman.

Selanjutnya laporan Ketua Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Wakil Ketua Surya Novriandi,S.Pd. 

Surya menyampaikan ucapan maaf jika pelayanan yang disuguhkan panitia belum maksimal, dan ada yang tidak terlayani dengan baik. 

Selanjutnya, Surya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan, terutama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, S.Ag.,MM yang sudah menyempatkan hadir walaupun cuaca kurang bersahabat, dan banyaknya bencana alam di sekitar jalan yang dilalui sebelum sampai di MAN 3 Padang Pariaman.

Kepala MAN 3 Padang Pariaman H. Zaitul Makmur, S.Ag.,MA menyampaikan harapannya semoga kegiatan pelepasan berjalan lancar. 

Zaitul juga menyampaikan, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi antara civitas akademika MAN 3 Padang Pariaman dengan para tamu undangan. 

"Walaupun kondisi hujan tidak menyurutkan niat bapak ibuk untuk datang ke madrasah ini," kata Zaitul.

Dia mengingatkan siswa dan siswi kelas XII, bahwa ini bukan akhir dari perjalanan menuntut ilmu. 

"Selamat jalan dan selamat kembali kepada orangtua, semoga segala usaha kami selama mendidik dihitung sebagai amal jariah oleh Allah SWT," begitu kata Zaitul dalam penyampaian sepatah katanya. 

Menurut Zaitul, selain kegiatan pelepasan pihak madrasah juga akan mewisuda siswa dan siswi yang telah mengikuti program unggulan madrasah, yaitu Tahfidz Al-Quran. 

"Di MAN 3 Padang Pariaman ada berbagai kegiatan unggulan yang dilaksanakan setiap hari di bawah bimbingan majelis guru MAN 3, seperti Robotik, Konsentrasi KSM Biologi, Matematika, Kimia, Fisika, Ekonomi dan Karya Tulis Ilmiah Remaja," ulas dia.

Zaitul mengharapkan doa dan dukungan dari para tamu undangan untuk siswa dan siswi yang akan mengikuti lomba Robotik, semoga memperoleh prestasi yang memuaskan, sehingga MAN 3 menjadi madrasah terfavorit di Sumatera Barat.

Ketua Komite MAN 3 Minas Sikumbang berharap kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk sama-sama mendukung dan mensuport pendidikan siswa di MAN 3 Padang Pariaman. 

Minas menyampaikan kebanggaannya atas prestasi siswa pada bidang Tahfiz. "Dalam sejarah masyarakat dan pendidikan di Aur Malintang, baru kali ini ada prestasi 5 juz ini," katanya. 

"Alhamdulillah, ini berkat kerja keras dari Kepala dan majelis guru," ujar dia. 

Minas juga menyampaikan pesan untuk tamatan agar terus menjaga prestasi, marwah sekolah dan marwah Kecamatan IV Koto Aur Malintang. 

Sekretaris Komite Daswir memimpin badoncek pembelian mobilitas madrasah, sebagai transportasi bagi siswa dan siswi dalam mengikuti berbagai macam ivent kompetisi, yang selama ini menjadi kendala yang signifikan dalam menyalurkan bakat dan minat siswa di tingkat kabupaten bahkan provinsi.

kepala Kantor Kemenag Padang Pariaman H. syafrizal, S.Ag.,MM membuka kegiatan tersebut secara resmi. 

Syafrizal memuji dan menyampaikan apresiasi terhadap Kepala MAN 3 Padang Pariaman dan Komite, atas kerja keras hingga acara ini terlaksana dengan sukses walau dalam kondisi hujan. 

Syafrizal juga mengucapkan terima kasih kepada majelis guru dengan kolaborasinya sudah memperjuangkan MAN 3 Padang Pariaman. 

Pada kesempatan itu ia menyampaikan motivasi kepada siswa dan orang tua agar anak-anak yang akan diwisuda ini melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Kalau tidak ada biaya, ajukan beasiswa ke UPZ Baznas," ulas Kepala Kemenag tersebut. 

Dalam guyonannya, ia menyampaikan, walaupun letaknya paling ujung dan jauh dari Kantor Kemenag, tapi orang di Aur Malintang ini pejuang. 

"Amalkan terus, tambah dan cari ilmu sebanyak-banyaknya," ungkapnya. 

Sebelum membuka acara tersebut secara resmi, ia juga menyampaikan maaf dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh hadirin.

Acara dilanjutkan dengan pemasangan plakat dan pemberian sertifikat hafidz dan hafidzah, berikut foto bersama oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Camat IV Koto Aur Malintang, Ketua serta Sekretaris Komite MAN 3 Padang Pariaman dan Kepala MAN 3 Padang Pariaman. 

Siswa dan siswi tersebut adalah Rangga Saputra mencapai hafalan 5 juz, Selvi Darmawan hafal 5 juz, Tri Andara hafal 5 juz, M. Imron hafal 2 juz, Mijul hafal 5 juz, Refpi Yulmahera hafal 5 juz, Aulia Agustina hafal 2 juz, Nur Aqilla Izzati hafal 2 juz.

Acara selanjutnya pemasangan toga dan ucapan selamat oleh Kemenag Padang Pariaman, Camat IV Koto Aur Malintang, Kepala Madrasah dan komite Madrasah di atas pentas kehormatan dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. 

Dalam rangkaian acara itu perwakilan wali siswa juga menyampaikan sepatah kata yang diwakili oleh Zulherman yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada majelis guru

"Saya mewakili seluruh wali siswa mengucapkan terima kasih kepada Kepala, majelis guru, komite yang telah mendidik anak kami dan memfasilitasi berbagai macam sarana dan pemikiran untuk kemajuan dan pembangunan madrasah ini," ujar dia.

Di akhir sesi acara, kelas XII mempersembahkan hiburan dan menyampaikan pesan kesan selama berada di MAN 3 Padang Pariaman yang diwakili oleh M. Haikal. 

Selanjutnya sesi foto bersama dan salam lepas sambut dari wali kelas serta majelis guru kepada wali siswa kelas XII. 

Pada kegiatan ini seluruh siswa kelas XII di perintahkan sunkam dan memeluk orang tuanya. Kegiatan berlangsung dengan penuh haru dan tangis yang penuh makna, karena masa mereka menuntut ilmu di MAN 3 Padang Pariaman sudah selesai. (zal/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies