Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Peringatan Hari Pahlawan: Kita Bukan Bangsa Pecundang

Peringatan hari pahlawan di IKK Parit Malintang. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman gelar upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di Halaman Kantor Bupati di Kawasan IKK Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, pada Jumat (10/11).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dengan perwira upacara Lettu Inf. Yonnedi Pasipers Kodim 0308, dan Komandannya Kapt. Czi Delri Putra Danramil 05 Lubuk Alung. 

Prosesi upacara dipandu oleh MC profesional Bagian Prokopim Setda Padang Pariaman Parrhesia Insani, pembaca teks pembukaan UUD 1945 M Wahyudi dari Dinas Parpora, dan yang membacakan pesan-pesan Pahlawan kolaborasi Fajri Aulia dengan Dian Mita Winri.

Sedangkan yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih Dhani Jayadi Putra siswa SMAN 1 2x11 Kayu Tanam, Ilmi Ibnu Sidiq siswa SMAN 1 Enam Lingkung, dan Arif Nofrian dari SMAN 1 Lubuk Alung, dengan tim Korsik MAN IC Padang Pariaman. 

Tampak hadir unsur Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, dan pejabat di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, dan Pimpinan BUMN/BUMD. Tampak juga Ketua TP PKK, Ketua GOW, dan DWP beserta jajaran. 

Dalam pidatonya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. Dia menyampaikan, rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu. 

"Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah," sebutnya menyemangati. 

Suhatri Bur menegaskan bahwa semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 adalah semangat yang membawa generasi bangsa untuk ikut mendorong dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Dalam hal ini, Suhatri Bur menyampaikan ajakan untuk bersama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, dan rakyatnya makin sejahtera.

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023. Marilah kita menjadi daerah yang membangun peradaban kemajuan dari segi ekonomi, politik dan budaya, sehingga kita akan menjadi bangsa yang maju dan sejahtera," pungkasnya. 

Upacara Hari Pahlawan yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk masa depan Bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan” ini, diikuti oleh seluruh ASN Pemkab Padang Pariaman, barisan TNI/Polri, dan BUMN/BUMD, serta instansi vertikal lainya.

Sebelumnya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur beri penghormatan kepada Pahlawan dengan upacara tabur bunga di Makam Pahlawan Batang Tapakih Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga) Kabupaten Padang Pariaman. 

Untuk diketahui, dua makam pahlawan tersebut, yang dihuni Bahauddin dan Moehammad Noer adalah anggota Brigade Mobil (Brimob) Sumatera Barat berpangkat Aiptu, mereka gugur pada peristiwa Agresi Militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948. (mh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies