Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ketersediaan SDA yang Disertai Revolusi Usaha Agraris, Daerah Maju dan Berwibawa Oleh : AS Edi

AS Edi 

Edisi 2.

Usaha agraris adalah usaha yang mempertahankan, membentuk dan menciptakan ekosistem. Seperti bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. 

Produksi hasil pertanian, perkebunan dan peternakan, komuditi yang sangat menjanjikan daerah Piaman Laweh, seperti :

2. Pisang adalah tergolong jenis tanaman muda, umurnya lebih kurang 9 bulan setelah buahnya dipanen atau masak sendiri di batang. 

Pisang Piaman Laweh terdiri dari banyak jenis pisang, pisang rajo, pisang buai, pisang simbatu, pisang puluik, pisang rajo sarai, pisang lidi, pisang rotan, pisang mudo manih, pisang dangtut dan lainnya. 

Pisang Piaman, sangat mudah tumbuhnya di daerah iklim tropis, iklim sub tropis dan iklim sedang, dengan pengembang biakan bibit melalui umbinya. 

Buah pisang Piaman, dapat dijadikan makanan, baik langsung setelah buahnya matang dan diolah dalam bentuk lain, seperti pisang goreng, pisang rebus, pisang panggang, pisang kukus, pisang keripik dan makanan ringan lainnya. Ataupun buahnya separoh matang untuk dibuat kerupuk dan sebagainya. 

Sedangkan manfaat pisang Piaman, juga sebagai makanan mengandung zat, protein dan vitamin untuk menjaga kesehatan dan pengobatan. 

Buah pisang Piaman, berada pada tandannya dengan keadaan normal berjumlah 40 sampai 60 buah setiap tandan atau per batangnya.

Dari berbagai jenis pisang Piaman tersebut, kita ambil 3 jenis pisang yang prospek konsumen dan harganya cukup bertahan dan menjanjikan, yakni pisang simbatu, pisang buai dan pisang rajo. 

Jika harga standarnya pada posisi Rp 250 /buah, diprediksi pisang Piaman di daerah ini bisa menghasilkan 12.000 buah atau lebih kurang 200 tandan per hari, maka hasil panen pisang Piaman Laweh bernilai Rp 90.000.000 per bulan dan setahunnya lebih kurang Rp 1 miliar. 

Angka yang cukup bagus bagi petani pisang untuk membeli ikan sesuai bacaan pajangan baliho "Ayo Makan Ikan"

Dan, selanjutnya mari kita bertanya pada BUMD untuk membangun Cool Storage Room khusus buah pisang, pada tiga lokasi di bagian selatan dan bagian utara Padang Pariaman serta Kota Pariaman. (bersambung)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies