Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

BumDes Menuju Kesejahteraan Bersama Apresiasi KKN Tematik Universitas Tamansiswa Padang

Mahasiswa KKN Tematik Unitas Padang foto bersama dengan DPL Dr. H. Rahmat di depan kantor BumDes Menuju Kesejahteraan Bersama Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto. (ist)

Sawahlunto, Sigi24.com--Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. H Rahmat, MM mengunjungi lokasi KKN Tematik Universitas Tamansiswa Padang, di Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Minggu (6/8/2023). 

Kunjungan itu untuk memastikan program berjalan dengan baik. KKN Tematik yang mengusung slogan "BumDes kuat, Desa Tangguh" ini berasal dari berbagai program studi yang ada di Universitas Tamansiswa Padang, dapat apresiasi dari Direktur BumDes terkait. 

Kedatangan Rahmat ke Posko KKN disambut mahasiswa dan dilanjutkan dengan diskusi paparan dan evaluasi program yang sudah dilakukan. 

Mahasiswa KKN sangat antusias mendengarkan arahan dan bimbingan dari DPL. Rahmat juga melakukan kunjungan ke Kantor BumDes Menuju Kesejahteraan Bersama, dan diterima oleh Ketua BumDes Sheldra Yosef, A.Md. 

Di hadapan Ketua Bumdes Sheldra Yosef, Rahmat menyebutkan bahwa KKN ini menjadi tempat belajar bagi mahasiswa selain di bangku kuliah. 

"Di sini mahasiswa belajar memetakan masalah dan mencari solusinya, terutama di lembaga Badan Usaha Milik Desa (BumDes)," kata dia.

Melalui KKN tematik ini, kata Rahmat, diharapkan terjadi penguatan peran BumDes dalam mewujudkan desa mandiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui penyerapan tenaga kerja, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan kemudahan akses usaha dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). 

Lebih lanjut Rahmat menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan KKN Tematik ini ada beberapa aspek yang menjadi indikator dalam mengukur kinerjanya. Diawali pada kemampuan dari mahasiswa dalam memetakan masalah yang ada di masyarakat. Lalu proses dalam mencari jalan keluar dari masalah, output, dan terakhir impact. 

"Mahasiswa tidak cukup sebatas belajar saja, harus mampu mengembangkan solusi. Memberikan input, melakukan proses, dan menghasilkan output dan impact. Mudah-mudahan melalui kegiatan KKN ini bisa membangun desa terutama," harapnya.

Melalui kegiatan KKN diharapkan keberadaan mahasiswa tidak hanya di kampus saja, namun juga dirasakan oleh masyarakat, khususnya di desa. Menyelesaikan masalah di masyarakat sesuai kemampuan masyarakat menjadi filosofi dari KKN.

Kepada DPL dan disaksikan mahasiswa KKN, Ketua BumDes Menuju Kesejahteraan Bersama Sheldra Yosef menyampaikan, sejarah berdirinya BumDes ini, bahkan juga menceritakan masa-masa kesuksesan lembaga ini. 

Ia memaparkan jenis-jenis usaha yang pernah dilakukan sebelumnya yaitu bergerak di usaha simpan pinjam, mitra petani, rumah pangan, perdagangan, pertanian dan peternakan, perdagangan hasil bumi dan usaha kuliner.

"Di sini BumDes-nya pernah maju dan berkembang, banyak unit usaha yang dikembangkan, namun dalam perjalanan terjadi persoalan salah kelola, dan berdampak pada keberlanjutan lembaga. Hal ini menjadi pembelajaran bagi kami selaku putra daerah yang baru pulang kampung saat itu. Keprihatinan kondisi itu membuat kami terpanggil untuk membenahinya," paparnya panjang lebar.

Fokus utama yang dilakukan adalah penyelesaian laporan pertanggungjawaban sebelumnya. Sehingga usaha-usaha dari BumDes tidak tergarap dengan maksimal, maka kepengurusan ini akan berakhir tahun ini dan akan direvitalisasi. 

Mahasiswa bersama pengurus BumDes akan memfasilitasi pertemuan musyawarah desa sebagai forum pengambil keputusan tertinggi. Semua yang terjadi akan jadi bahan evaluasi dan perbaikan ke depannya.

Kepada DPL yang hadir, Ketua BumDes Sheldra Yosef mengucapkan terima kasih kepada Universitas Tamansiswa Padang telah memilih Desa Muaro Kalaban sebagai lokasi KKN, khususnya BumDes Menuju Kesejahteraan Bersama. 

Sebanyak enam orang mahasiswa terdiri dari berbagai program studi mengabdikan diri di desa ini sangat bermanfaat. 

"Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan bisa banyak membantu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terutama BumDes. Kami masih merasa kurang baik di bidang hukum, manajemen, pertanian, peternakan. Kami pemerintah Desa dan BumDes di Desa Muaro Kalaban selalu membuka pintu bagi mahasiswa yang akan KKN di sini," ucapnya.

Setelah pertemuan dan diskusi produktif di kantor BumDes, Direktur Bumdes dan mahasiswa KKN mengajak DPL, menghadiri kegiatan lomba bola kaki dalam rangka peringatan HUT RI ke 78. 

Perlombaan yang diikuti berbagai klub dan disaksikan oleh masyarakat, berjalan dengan lancar dan meriah. Mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang terlibat dalam kepanitiaan perlombaan ini. Mahasiswa KKN selalu terlibat dalam berbagai kegiatan di Desa Muaro Kalaban. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies