Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ormas, LSM dan Pemuda Padang Pariaman Ikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan

Bupati Suhatri Bur menyampaikan materi wawasan kebangsaan bagi ormas, LSM dan anak muda. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berikan pembinaan wawasan kebangsaan, bagi aparatur Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta generasi muda di daerah itu.

Kegiatan dibuka secara resmi kemarin, Selasa (25/07) oleh Bupati Suhatri Bur, bertempat di Aula Pertemuan Joyo Makmur di Kota Pariaman. Tampak hadir Dandim 0308 Letkol TNI Dwi Widodo. 

Terselenggaranya kegiatan ini, mendapat apresiasi Bupati Suhatri Bur. Menurutnya akan sangat bermanfaat, karena ini salah satu bentuk upaya memperkuat pergerakan dan mempersiapkan generasi muda agar ikut andil berpartisipasi dalam membangun masyarakat dan negara.

"Oleh karena itu, pembinaan wawasan kebangsaan bagi aparatur ormas, LSM, dan generasi muda ini menjadi perhatian utama sebagai tanggung jawab kita terhadap warga negara," tuturnya.

Terlebih di era globalisasi ini, tambahnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi secara perlahan mengikis peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa. Penyebaran informasi yang tanpa filter, membuat generasi muda mudah terpengaruh oleh informasi negatif yang bertentangan dengan budaya bangsa.

"Disinilah peran kita sebagai influencer, untuk dapat mensoalisasikan pentingnya wawasan kebangsaan di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda," tambahnya menegaskan.

Dengan demikian, pembinaan wawasan kebangsaan sangat diperlukan sebagai upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas kebangsaan seseorang, sehingga bangsa Indonesia mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan, termasuk ancaman disintegrasi bangsa.

"Untuk dapat mengimplementasikan kebijakan wawasan kebangsaan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan perlu dibangun sinergi antara pemerintah, swasta, NGO/LSM, pemuda, media, dan masyarakat itu sendiri," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesbangpol Padang Pariaman Jon Eka Putra dalam laporannya menyebutkan, pembinaan wawasan kebangsaan ini diikuti oleh sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Ormas, LSM, dan generasi muda di Kabupaten Padang Pariaman. Dia mengharapkan, melalui pembinaan ini dapat menumbuhkan semangat kebersamaan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman dalam melanjutkan estafet pembangunan. 

"Karena negara kita ini tidak hanya untuk kita, tapi juga untuk anak-anak dan cucu kita kelak," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga dilangsungkan Launching penyerahan seribu bendera kepada masyarakat. Diawali dengan penyerahan bendera kepada peserta pembinaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 78 tahun. (mh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies