Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Peluang Ketua DPRD Padang Pariaman dari Dapil II

Sejumlah tokoh masyarakat duduk semeja dengan Ketua KPU Zulnaidi. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Kebetulan. Sore dan Magrib pun menjelang, Jumat itu sebelum bubar, saya minta Edi Yanto mengabadikan pertemuan itu.

Cukup dua klikan, fotonya terlihat rancak, karena dengan kamera HP yang bagus tentunya. Tentu foto ini terjadi bisa disebut kebetulan.

Kebetulan bersua bersama, dan sebagian besar mereka tokoh yang tak diragukan lagi kompetensinya. Sayang kalau tidak kita abadikan, pikir saya spontan lalu menyuruh Edi Yanto segera memotret.

Dasril adalah anggota DPRD Padang Pariaman periode 1999-2004 yang kini Tenaga Ahli Anggota DPR RI Nevi Zuairina di daerah. Terkenal vokal dan sering mewarnai perjalanan politik daerah ini kala itu.

Pernah jadi Cawabup Padang Pariaman mendampingi Yobana Samial dalam Pilkada 2010. Meskipun tak mencaleg pada Pileg 2024, Dasril tak bisa dipisahkan dari PKS. Banyak orang menyebutnya, Dasril PKS, begitu kental dan seniornya dia di partai tersebut.

Lalu Hilman H Datuak Mangkuto Alam. Walinagari Lubuk Alung ini dijagokan di PAN. Ikut mencaleg di Dapil II Padang Pariaman. Dia Ketua Forum Komunikasi Walinagari Kabupaten Padang Pariaman, yang disebut-sebut oleh banyak orang bakal menjadi Ketua DPRD daerah ini periode lima tahun mendatang.

Spontan dan kebetulan pula saya dan Ketua KPU Zulnaidi menyebut Hilman akan jadi Ketua DPRD, dalam selingan pembicaraan lepas sore itu.

Dan penyebutan demikian, terasa disepakati karena disambut ketawa setuju oleh semua yang duduk di kedai tepi jalan di Asam Jawa tersebut.

Kemudian, Iskandar Bustami. Tokoh Lubuk Alung yang pernah dua kali jadi anggota DPRD Padang Pariaman dari PKS. Di partainya sendiri, dia tokoh dan termasuk pendiri. Dan pemilu tahun depan, Ajo Is, begitu orang banyak menyapa Iskandar Bustami, maju kembali ke DPRD daerah ini. Dapil-nya sama dengan Hilman H Datuak Mangkuto Alam, Dapil II, Lubuk Alung, Batang Anai, dan Sintuak Toboh Gadang.

Sementara, Zulnaidi, meskipun tidak mencaleg, dia adalah Ketua KPU di Padang Pariaman. Dia baru saja selesai menerima berkas pencalonan anggota DPRD dari partai peserta pemilu di daerah ini.

Begitu juga Landi Efendi. Sekretaris Walinagari Lubuk Alung ini tak juga ikut mencaleg, tetapi mahir dan lihai bercerita politik.

Banyak cerita politiknya jitu dan mumpuni. Termasuk kalkulasi politik nasional, selesai oleh Landi Efendi yang Ketua Forum Sekretaris Walinagari Padang Pariaman ini.

Pun, menulis Landi ini pintar, dan tulisan serta komentarnya di media sosial sering mewarnai percaturan di Padang Pariaman. Dia aktivis yang termasuk rajin bermedia sosial, pernah jadi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, yakni PPK.

Tentu, pembicaraan lepas yang paling asyik dan seksi dibahas dalam waktu yang singkat itu, soal siapa ketua DPRD hasil pemilu 2024.

Momennya tepat pula, karena dua kali pemilu, 2014 dan 2019, tak ada yang dari Dapil II ini yang jadi pimpinan.

Harapan itu sepertinya tertumpang pada Hilman H Datuak Mangkuto Alam. Dia punya power untuk itu. Berpedoman pada pemilu lalu, PAN adalah pemenang kedua setelah Gerindra. Besok ini, PAN dinilai dan diinginkan oleh Suhatri Bur, Ketua DPD PAN Padang Pariaman, sebagai partai pemenang. 

Untuk Dapil II ditargetkan tiga perolehan kursi. Artinya, bertambah dari dua jadi tiga. Dan memang, di Dapil II ini caleg PAN punya potensi masing-masing di nagarinya. (ad/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies