Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mendeteksi Bencana, Stasiun Klimatologi Sumatera Barat di Padang Pariaman Amat Membantu

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyerahkan cenderamata ke Bupati Suhatri Bur. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Komisi V DPR RI lakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Padang Pariaman, kemarin Kamis (25/05). Kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal ini, dalam rangka peninjauan dan memberikan dukungan kepada Stasiun Klimatologi Sumatera Barat. 

Kedatangan Muhammad Iqbal dan rombongan diterima langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.

Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Padang Pariaman Heron Tarigan, Camat dan walinagari di kecamatan setempat.

Dalam paparannya, Bupati Suhatri Bur menggambarkan struktur dan kondisi alam Kabupaten Padang Pariaman. Topografi wilayah, termasuk iklim tropis besar yang memiliki musim kering yang sangat pendek dan daerah lautan sangat dipengaruhi oleh angin laut. 

"Sumatera Barat dan khususnya Padang Pariaman memiliki potensi alam yang rawan bencana, sehingga keberadaan Stasiun Klimatologi ini dipandang sangat penting," ungkap Suhatri Bur menambahkan. 

Keberadaan BMKG khususnya Stasiun Klimatologi Sumatera Barat di Padang Pariaman ini, Suhatri Bur memandang sangat membantu dalam mendeteksi cuaca dan memberikan informasi lebih cepat dan akurat tentang kebencanaan kepada masyarakat. 

Sejauh ini, tambahnya, BMKG Stasiun Klimatologi ini sangat efektif dan berperan maksimal. Sehingga sangat menjadi andalan pemerintah daerah dalam mensuplai data dan informasi-informasi kebencanaan di wilayah Provinsi Sumatera Barat. 

Dia berharap, untuk peningkatan fungsi dan perannya dukungan dari pemerintah pusat sangat dibutuhkan. 

"Peningkatan dan pemeliharaan kapasitas dan kualitas peralatan operasional agar dukungan layanan cuaca dan data bencana semakin meningkat. Demikian juga dukungan sumber daya manusia yang berkualitas," sebutnya mengakhiri.

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyatakan, kunjungannya ini untuk memberikan dukungan kepada BMKG Stasiun Klimatologi Sumatera Barat. 

Menurutnya, BMKG berwenang menjaga keselamatan jiwa, memberi layanan informasi cuaca dan iklim secara luas, cepat, tepat dan akurat. 

"Sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, maka perlu adanya peningkatan ketersediaan fasilitas dan sumber daya yang berkualitas," sebutnya didampingi Plt Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko. 

Kemudian Iqbal menilai, secara umum peralatan BMKG masih berfungsi dengan baik. Namun, perlu ada peningkatan apalagi bagi alat-alat yang fungsinya terlihat kurang maksimal. Agar dapat mencegah terjadi kesalahan informasi apabila terjadi musibah. 

"Keberadaan Stasiun Klimatologi itu sangat vital, BMKG harus memastikan informasi yang sampai ke masyarakat itu benar adanya," tambahnya menegaskan.

Hadir juga dalam kunjungan tersebut, 15 anggota Komisi V DPR RI, jajaran BMKG wilayah Sumatera, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan BUMN/BUMD, serta lembaga dan instansi vertikal lainya di wilayah kerja Sumatera Barat. (mh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies