Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

37 Dasawisma Berprestasi Dapat Bantuan

Bupati Suhatri Bur menyerahkan bantuan untuk Dasawisma berprestasi. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berikan 166 paket bantuan kepada 37 Dasawisma berprestasi. Paket bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Suhatri Bur kemarin, Kamis (25/05) di Nagari Padang Bintungan, Kecamatan Nan Sabaris. 

Dasawisma berprestasi yang menerima paket bantuan tersebut adalah 31 Dasawisma di Nagari Padang Bintungan. Satu Dasawisma di Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Satu Dasawisma Nagari Sintuk, Kecamatan Sintoga. 

Nagari Balah Hilia, Kecamatan Lubuk Alung juga dapat satu Dasawisma, begitu juga dengan Nagari Balah Aia, Kecamatan VII Koto. Dua nagari terakhir adalah Nagari Gunung Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur dan Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Suhatri Bur mengungkapkan, pemberian bantuan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan pemenuhan protein yang bersumber dari ikan. 

Disamping itu, harapnya, selain untuk dikonsumsi, penerima bantuan dapat memanfaatkan budidaya ikan lele dijual setelah 3 s/d 4 bulan. Kemudian hasil penjualan disisihkan untuk pembelian benih pada periode budidaya berikutnya. 

"Semoga bisa dimanfaatkan selama kondisinya baik, artinya setelah panen maka diharapkan kolam fiber ini diisi kembali dengan benih lele sampai pada periode budidaya berikutnya," tuturnya menyarankan.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita sangat berterima kasih atas bantuan kolam fiber yang diberikan lengkap dengan benih dan pakannya. 

Dia berharap, akan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kelompok Dasawisma dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga.

"Untuk itu, ayo tingkatkan ketahanan pangan keluarga kita dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kosong," himbaunya. 

Di samping itu, Yusrita menegaskan, program PKK itu tidak hanya sekedar lomba dan gotong royong. Namun dengan pembinaan dan support dari Pemerintah Daerah, PKK akan bisa mendorong masyarakat untuk menjadikan keluarga masing-masing sebagai pertahanan dalam pemenuhan kebutuhan bagi anggotanya. 

"Kita ingin menularkan kepada keluarga untuk mampu memenuhi kebutuhan keluarga sendiri, dengan menanam berbagai kebutuhan pokok keluarga, termasuk nantinya memelihara ikan, ayam dan lainnya," ulasnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam dalam laporannya mengungkapkan, kolaborasi Dinas Perikanan dan PKK Padang Pariaman telah berlangsung selama 2 (dua) tahun. Tahun sebelumnya bantuan serupa diberikan dalam bentuk terpal, namun tahun ini diberikan dalam bentuk kolam fiber. 

"Pada tahun kemarin kita berikan kolam terpal, tahun ini, mencoba dengan bentuk kolam fiber mengingat kolam terpal memiliki masa umur lebih singkat dan kolam fiber memilik masa lebih panjang," tutupnya.

Adapun paket bantuan yang diberikan adalah dalam bentuk 166 unit kolam fiber, 41.500 ekor benih ikan lele dan 830kg pakan ikan lele. 

Tampak hadir saat penyerahan bantuan tersebut, Asisten II Zainil, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Pengurus PKK Padang Pariaman, Camat, walinagari, dan Kelompok Dasawisma berprestasi. (mh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies