Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Datuak Saripado Dilewakan, Datuak Bagindo Malano ke DPRD Padang Pariaman dengan PKS

M. Kamal Ma'ruf Datuak Saripado dan M. Amin Datuak Bagindo Malano. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--M. Kamal Ma'ruf, Sabtu (13/5/2023) resmi menyandang gelar "Datuak Saripado". 

Batagak gadang malewakan gala, berlangsung dengan semarak dan sukses tentunya.

Datuak Saripado dari kaum Suku Sikumbang, Nagari Anduriang, Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Malewakan gala dalam prosesi adat, tentu sebuah penantian yang panjang. M. Kamal Ma'ruf yang salah seorang alumni dan pengurus Pesantren Madrasatul 'Ulum Lubuk Pandan ini sudah lama dinobatkan sebagai panghulu di kaumnya, Suku Sikumbang. 

Keterlambatan malewakan gala tentu para pihak berkepentingan di nagari itu ingin mencari bulek sagolek tipih salayang. Namun, yang pasti dukungan dan doa restu dari berbagai pihak, terutama dari kaumnya, terlihat nyata dan menjadi penentu suksesnya malewakan gala itu.

Seluruh panghulu yang tergabung di Kerapan Adat Nagari (KAN) Anduriang duduk pada tempatnya. Begitu juga tamu undangan dari berbagai unsur, disediakan tempat duduk di rumah gadang Datuak Saripado itu. 

Prosesi berunding, pidato dan fatwa adat disampaikan dengan suasana yang sakral. Prosesi itu diakhiri dengan arak-arakan sepanjang kampung dalam nagari itu.

Maju jadi Caleg

Sementara, M. Amin Datuak Bagindo Malano, salah panghulu dan niniak mamak di Anduriang maju jadi calon anggota DPRD Padang Pariaman dari PKS.

Bersama Ketua PKS Padang Pariaman, Datuak Bagindo Malano, Jumat kemarin mendaftar ke KPU daerah itu di Parit Malintang.

"Alhamdulillah, pendaftaran di KPU selesai dengan baik, dan malewakan gala kepada M. Kamal Ma'ruf juga tuntas dengan baik," kata dia.

Datuak Bagindo Malano berharap doa dan dukungan masyarakat Padang Pariaman, terutama di Dapil I yang meliputi Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, Nan Sabaris, 2X11 Enam Lingkung, Ulakan Tapakis dan Enam Lingkung. 

Menurut Datuak Bagindo Malano, diri maju sebagai Caleg di Dapil I untuk DPRD Padang Pariaman.

"Semoga ini langkah tepat, sehingga impian dan keinginan masyarakat untuk Padang Pariaman yang lebih baik bisa diwujudkan pada pemilu tahun depan," katanya. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies