Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Berharap Perubahan Nagari, Rosman Palito Rajo Endah Terus Dapat Dukung ke DPRD Sumbar

Diskusi lepas di kedai kopi di Batang Sariak antara Rosman Palito Rajo Endah, Syamsul Bahri Palito Sampono Basa dan Walinagari Sungai Buluah Agusta Alidin. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Anggota DPRD Padang Pariaman, Bagindo Rosman Palito Rajo Endah terus dapat dukungan dari masyarakat, untuk melanjutkan kiprahnya di DPRD Sumbar pada Pemilu 2024.

Meskipun belum pernah mencaleg ke DPRD provinsi, anggota dewan kabupaten tiga periode ini sudah memantapkan dirinya melangkah maju ke Sumbar dari Dapil II, Padang Pariaman dan Kota Pariaman ini.

Ketua DPC PAN Kecamatan Batang Anai Syamsul Bahri Palito Sampono Basa menyebutkan, bahwa dirinya dan pengurus partai di kecamatan ini punya beban yang cukup berat, terutama untuk eksistensi Nagari Ketaping.

"Ya, beban untuk kemajuan nagari ke arah yang lebih baik tentunya. Saatnya tokoh nagari ini kita persamakan ke Sumbar lewat PAN," kata dia.

Rosman dinilai sebagai tokoh sentral dan diterima semua kalangan. Disebut sebagai tokoh sentral, karena dari tiga orang "Palito" di Ketaping, dia salah satunya.

Dia diamanahi oleh B. Rangkayo Rajo Sampono, Pemegang Ulayat Ketaping untuk memegang Palito Rajo Endah.

Nah, jabatan tatanan adat salingka nagari itu, Rosman patut pula dijadikan sebagai tokoh yang mampu bersuara lantang nantinya di DPRD Sumbar.

Apalagi, sudah banyak pula pengalaman di DPRD Padang Pariaman. Tak lagi terhitung kontribusinya untuk nagari ini dan Padang Pariaman sendiri.

Terkenal sebagai anggota dewan merakyat, Rosman memang lebih banyak menghabiskan waktunya di tengah masyarakat.

Dan itu tidak sewaktu jadi anggota dewan saja. Rosman punya pengalaman sosial tersendiri di tengah masyarakat Ketaping dan Padang Pariaman. Pernah jadi Sekretaris Desa Ketaping Tengah dan pernah pula jadi Kepala Desa, memimpin organisasi Karang Taruna, LSM, memimpin lembaga kursus yang mengantarkan ketokohannya sebagai Ketua DPD Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (Hipki) Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Tak heran Walinagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai Agusta Alidin ikut mendorong dan mendukung Rosman ke DPRD Sumbar.

Di sebuah kedai kopi di Batang Sariak, Selasa (30/5/2023) tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Diskusi bebas sore itu antara Rosman Palito Rajo Endah, Syamsul Bahri Palito Sampono Basa, Agusta Alidin terasa hangat.

Terutama soal kepastian dan kemungkinan yang akan terjadi dalam pemilu 2024.

Begitu juga rekam jejak pemilu 2019, dalam diskusi terbatas itu masih terasa baru kemarin, ternyata tahun depan sudah pemilu lagi. 

Ya, rekam jejak bagi anggota dewan kabupaten, provinsi dan pusat yang terpilih pada pemilu lalu. Apa kontribusinya atau sama sekali tak pernah melihat nagari setelah terpilih, tentu jadi acuan oleh masyarakat dalam menentukan pilihannya dalam Pemilu yang akan datang.

Ibarat orang tua kehilangan tongkat, jangan sampai dua kali. Nah, perbaikan dan kemaslahatan secara bersama itu, sepertinya tertumpang pada Rosman, agar bisa mulus ke Sumbar, sehingga kemajuan masyarakat terus menanjak naik.

Soal pemilu tertutup atau terbuka, bagi Rosman sepertinya tidak jadi masalah.

"Itu urusan yang di atas. Kita di daerah, cukup berkipir sekedar ruang lingkup kita. Dan yang lebih penting itu, saya masuk satu dari tujuh orang caleg dari PAN itu," kata dia. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies