Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Peringati Hardiknas dan Otoda, Suhatri Bur Ajak Serius Menanggulangi Stunting

Bupati Suhatri Bur dan Wabup Rahmang foto bersama dengan anak SD yang dapat bantuan. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com-- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sekaligus peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVIII, di kawasan IKK, Senin (06/05).

Bupati Suhatri Bur yang di dapuk menjadi inspektur upacara tersebut dalam arahannya, saat menyampaikan pidato Menteri Pendidikan mengajak semua pihak untuk terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar. 

"Pendidikan adalah kunci untuk kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," ujar Suhatri Bur.

Sementara itu, saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri menyebutkan, otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi," terangnya.

Menurutnya, otonomi daerah memberikan ruang bagi daerah untuk mengelola sumber daya dan keuangan sendiri untuk pembangunan daerah. 

Ia juga berharap untuk dapat memanfaatkan otonomi daerah ini sebaik-baiknya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di tengah sambutannya, Bupati Suhatri Bur juga menyinggung permasalahan stunting di Padang Pariaman. 

Menurutnya, stunting merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Ia juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bekerja keras dalam memerangi stunting.

"Pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14 persen secara nasional, untuk itu perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah dan strategi dalam upaya menekan angka stunting," ungkapnya.

Adapun tema dalam peringatan Otda ini yaitu "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat."  

Upacara tersebut diikuti oleh jajaran Forkopimda Padang Pariaman, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, para pelajar dan masyarakat umum.

Usai upacara, dilakukan penandatanganan kerjasama oleh Satpol PP Damkar dengan Dinas Pendidikan Padang Pariaman dalam rangka sinergitas pembinaan moralitas perilaku, dan keterampilan pelajar dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, serta juga dilaksanakan penyerahan bantuan kepada siswa-siswi SD se Kabupaten Padang Pariaman yang terdampak bencana banjir. (rls/red)


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies