Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Romi Amir: Bazar Ramadhan Angkat Ekonomi Masyarakat Kecil Menengah

Bazar Ramadhan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. (mm)

Karimun, Sigi24.com-- Event (bazar) tahunan yang di gelar di kota Kabupaten Karimun Kepulauan, tepatnya di Kelurahan Sungai Lakam Timur di samping Pasar Puan Maimun mendapat apresiasi dari para pedagang itu sendiri. 

Pasalnya, bazar yang dikelola oleh tokoh pemuda Sungai Lakam, Romi Amir yang lebih akrab dipanggil Uncu itu sangat ramai. Malah jauh-jauh hari sudah diboking atau dipesan oleh pedagang dari luar kota Karimun. 

Sebagai tokoh pemuda yang banyak mengenyam asam garam hidup di lapangan, Romi Amir sangat jeli melirik pasar dan pontensi pemuda dalam kreativitas membangun ekonomi bagi warga sekitar, dan itu terlihat peran aktif pemuda ikut dalam mengelola bazar Ramadhan,seperti pengelolaan parkir yang tampak tertata dengan rapi. 

Bazar Ramadhan yang hampir setiap tahun, tetap ramai oleh pengunjung, tentu tidak lahir dengan serta merta. Namun, membutuhkan waktu dan kesabaran.

Awalnya bazar Ramadhan hanya sebuah lapak-lapak yang sembraut di pinggiran toko di sepanjang jalan Sudirman. Sepuluh tahun yang lalu. Melalui kebersamaan dengan kawan-kawan serta didukung oleh pemuda sekitar dan ijin diberikan oleh pemerintah kabupaten, bazar yang awalnya sebuah lapak yang beraturan.

Kini.! berubah menjadi sebuah stand yang tertata dengan sangat rapi. 

Sebagai penunjang dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil. "Bazar Ramadhan" yang kelola secara swadaya bersama kawan oleh mantan Ketua Pemuda Pancasila (PP) itu kerap juga dikunjungi oleh penjabat Pemkab dan oleh Bupati Karimun, sebagai bentuk support dan dorongan giat ekonom masyarakat kecil (UMKM) di ujung-ujung Ramadhan. 

Hadirnya bazar Ramadhan yang sudah merupakan event tahunan di kota berazam itu sangat diharapkan dan ditunggu-tunggu oleh para pejuang rupiah. Baik dari kota Karimun sendiri maupun luar Karimun.

Hal itu juga disampaikan oleh tokoh pemuda Minang dan juga penasehat Bazar. Da ar, mengatakan bazar sangat dibutuhkan masyarakat pedagang kecil dan menengah. Tantu ada perhatian yang kuat dari Pemkab Karimun untuk menunjang UMKM di Karimun itu sendiri. 

"Bazar Ramadhan ini merupakan event tahunan di Karimun, dampak positif dari bazar itu, bisa kita lihat sendiri. Ekonomi hidup, beragam dagangan juga digelar di sini (bazar) mulai dari kuliner berbuka, kue lebaran sampai pakaian untuk Idul Fitri nanti sampai stand perusahaan bermerk juga ikut nimbrung di sini," tutur Da ar kepada media ini, Sabtu 23/03/2024 di lokasi bazar yang tak jauh dari kantor Polres Karimun itu.

Da Ar juga berharap, ada perhatian lebih dari Pemkab Karimun. "Bazar ini akan sejalan dengan program UMKM Pemkab itu sendiri" jadi.! tentu juga harus ada perhatian lebih. Apalagi sudah menjadi event tahunan untuk pelaku usaha kecil menengah," katanya. 

Hadirnya Bazar di bumi Karimun yang menjadi tonggak dan harapan untuk menghadapi Idul Fitri, tentu sudah seharusnya Pemkab memberikan perhatian lebih. Seperti memfasilitasi dan memberikan kemudahan dalam perijinan dan penempatan lokasi, untuk mencapai ekonomi masyarakat yang sejahtera. (mm/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies