Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemilu Damai tak Terlepas dari Peran Aparat

KH Ahmad Khambali 

Medan, Sigi24.com--Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali,SE,MM mengatakan, situasi pelaksanaan pencoblosan pada Pemilu 2024, Rabu, yang berlangsung tenang dan damai itu tak terlepas dari peran aparat keamanan, yakni Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terkhusus di Wilayah Polda Sumatera Utara.

Kyai Khambali menilai Polri khususnya Polda Sumatera Utara telah siap siaga untuk menjaga situasi tetap kondusif di tengah masyarakat saat berlangsungnya ajang politik lima tahunan tersebut. 

Terlebih lagi, menurut Kyai Khambali saat ini muncul isu-isu terkait tantangan gangguan keamanan.

"Memang muncul isu-isu dan video tentang kecurangan yang diikuti upaya kerusuhan di sejumlah wilayah, namun situasi ini dapat ditangani dengan baik dan tidak mempengaruhi keadaan," kata Kyai Khambali yang Pengasuh Majlis Sholawat Ahlul Kirom dalam keterangan di Sela2 Mujahadah Sholawat Kebangsaan agar Pencoblosan Damai dan Kondusif di Markaz Ahlul Kirom Rabu malam.

Menurut kaca Mata Kyai Khambali yang juga Pengamat Kebijakan Publik, strategi aparat kepolisian Khususnya Polda Sumatera Utara dan penyelenggara pemilu dalam mengantisipasi terjadinya provokasi di hari pemungutan suara patut diapresiasi. Kyai Khambali menilai hal tersebut dikarenakan upaya pemetaan yang dilakukan kepolisian khususnya Poldasu sejak dini untuk mengetahui indeks kerawanan Pemilu 2024 di Sumatera Utara.

Kyai Khambali mengatakan saat ini masyarakat Sumatera Utara dan Seluruh Rakyat Indonesia sudah bisa menyaksikan hasil suara melalui exit poll maupun quick count (hitung cepat) yang diselenggarakan oleh sejumlah lembaga survei. Untuk itu, Kyai Khambali menyampaikan selamat kepada kandidat pemenang berdasarkan hasil hitung cepat.

"Saya berpesan kepada yang menang jangan Jumawa dan yang kalah agar dapat menerima kekalahan. Jika dirasa ada kecurangan maka salurkan lembaga resmi sesuai prosedur yang berlaku," kata Kyai Khambali selaku Pengasuh Majlis Sholawat Ahlul Kirom.

Menurut Kyai Khambali perjalanan bangsa dan negara ini membutuhkan proses yang konstitusional, damai, dan berkesinambungan, agar mampu menjadi negeri yang maju, aman, dan makmur. Pemilu damai menurut Kyai Khambali adalah modal utama bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

"Sebagai warga negara mari kita ikuti dengan seksama dinamika pasca-pemungutan suara hari ini, serta senantiasa mendoakan yang terbaik bagi bangsa dan negara," ujar Kyai Khambali.

Adapun beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, KedaiKOPI, dan Populi Center dalam hasil hitung cepat (quick count) mereka memprediksi pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024. Lembaga-lembaga itu, berdasarkan hasil hitung cepat, juga memperkirakan pemilihan presiden-wakil presiden berlangsung satu putaran dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam hasil hitung cepat Populi Center, misalnya, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 60,67 persen suara dari data yang masuk sebesar 40,40 persen per 16.30 WIB. Dari data yang sama, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,57 persen, dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 16,76 persen.

Kemudian, hasil hitung cepat Charta Politika menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 57,11 persen dari 60,2 persen data yang masuk per 16.01 WIB. Dari hasil hitung cepat yang sama, pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 26,22 persen suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud memperoleh 16,67 persen. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies