Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dinilai Lamban Menangani Musibah, Topik Hidayat Minta Dinas Satpol PP Damkar Padang Pariaman Dievaluasi

Topik Hidayat, Ketua Komisi IV DPRD Padang Pariaman ketika meninjau kebakaran rumah Ariyatman, Ketua keamanan Korong Balanti, Sikabu Lubuk Alung. (ad)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Kebakaran rumah permanen milik pasangan suami istri Ariyatman - Rini Wati, Senin malam lalu masih menyisakan kisah sedih yang amat mendalam.

Kebakaran bermula dari konslet arus listrik ini membuat seluruh bahan kayu di lantai dua, kediaman pasangan suami istri dengan tiga anak ini hangus terpanggang.

Korban jiwa memang tidak ada. Tapi kerugian, habisnya tempat tinggal, membuat pasangan keluarga ini harus memulai kehidupan baru lagi.

Ariyatman adalah Ketua keamanan di korongnya, Balanti, Nagari Sikabu Lubuk Alung. Tak heran, pertelongan dari masyarakat, terutama para pemuda, cukup mampu menyelamatkan sebagian barang-barang miliknya.

Sabtu 2 Desember 2023, Topik Hidayat, Ketua Komisi IV DPRD Padang Pariaman tiba di kediaman Ariyatman ini.

Kenapa? Tentu ini cerita kemanusiaan. Pas kejadian, Wakil Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini tengah berada di perjalanan dari Padang Pariaman ke Pekanbaru, Riau.

Dia langsung dapat kabar dari Ariyatman lewat sambungan telpon. Tentu Topik Hidayat ikut berduka, dan minta keluarga sabar dan tabah menerima cobaan ini.

Sebab, semua musibah dan ujian punya hikmah tersendiri dari Yang Maha Kuasa.

Pun dari Riau, Caleg DPRD Padang Pariaman nomor urut satu di Dapil II ini terbang ke Jawa. Ya, melakukan tugas negara yang diembannya sebagai wakil rakyat di daerah ini.

Yang disesalkan masyarakat Balanti, pemadam termasuk yang lamban. Dulu pula Bupati Suhatri Bur tiba di lokasi tengah malam itu, baru tiba mobil pemadam.

Padahal, posko pemadam di Kampung Tangah, Balah Hilie Lubuk Alung, tak jauh dari Balanti ini.

Kisah ini diceritakan masyarakat, Sabtu kemarin saat menemani Topik Hidayat tiba di lokasi.

Pun, saat tiba di lokasi mobil pemadam tiba bisa langsung bekerja. Isi pula air dulu. Sementara, kobaran api tambah tinggi. 

Lihat tanaman pisang dan sejumlah pohon lain, yang cukup berjarak dari rumah, tapi ikut terpanggang, saking besarnya kobaran api malam itu.

Sebagai wakil rakyat, Topik Hidayat minta Pemkab Padang Pariaman melakukan evaluasi soal bencana kebakaran, dan soal kelalaian petugas pemadam.

"Padang Pariaman adalah daerah yang terkenal dengan etalasenya bencana. Kebakaran paling sering terjadi, dan petugas di bawah kendali Dinas Satpol PP Damkar harus punya kesiapan yang jitu," ulas Topik Hidayat.

Topik Hidayat pun mempertanyakan soal kehadiran pemerintah, terkait penanganan ini. Sebagai emergency, pemerintah sudah hadir.

Memberikan bantuan makanan, sembako. Soal rehab dan membangun kembali, pemerintah Nagari Sikabu Lubuk Alung telah mengajukan ke Baznas Padang Pariaman.

Topik Hidayat memberikan bantuan atas nama pribadinya. "Tak usah disebutkan. Ini cuma kepedulian dan keterlambatan hadir, karena sedang dinas luar," ujar Topik Hidayat.

Ariyatman yang masih belum stabil kondisi badannya, menyampaikan terima kasih pada Topik Hidayat. Meskipun sudah berurut, rasa penat dan terkilir sebagian pergelangan badannya akibat mengangkat barang berat malam kejadian itu, masih terasa hingga saat ini. (ad/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies