Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

MTQ ke 49 Sukses dan Meriah di Nagari Sungai Buluh Barat

Walinagari Yonedi sedang memberikan sambutan. (nd)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 49 tingkat Kecamatan Batang Anai yang di selenggarakan di Nagari Sungai Buluh Barat yang di percaya menggelar sebagai tuan rumah yang berlansung selama dua hari Sabtu - Minggu (17 - 18 / 11/ 2023) terlihat berjalan dengan lancar dan meriah.

Walinagari Sungai Buluh Barat Yonedi SPd ketika ditemui mengatakan, Pemerintahan Nagari dan masyarakat sangat gembira dengan diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah kali ini. 

Akan berdampak positif kepada generasi dan masyarakat, untuk memotivasi cinta dan semangat terhadap baca tulis Alqur'an dengan baik. 

"MTQ kali ini kita lombakan pada 3 cabang yaitu tilawah, hafiz dan tartil pada 3 tingkat yaitu anak-anak, remaja dan dewasa. Pelaksanaan MTQ kali ini memang tidak begitu mewah dan lengkap karena keterbatasan anggaran nagari sekarang. 

"Kita hanya mampu menganggarkan Rp 37 juta dari 75 juta yang kita butuhkan. Namun hal ini tidak mengurangi akan semangat kami dan masyarakat seperti kita lihat para ibu- ibu kita juga sudah menyiapkan begitu banyak jamba terhidang dalam masjid," ulas Yonedi.

Ketua Panitia Tuanku Sati mengatakan, MTQ kali ini dari 3 cabang yang  diadakan yaitu Tilawah, Tartil dan Tahfiz adalah terdiri dari 2 peserta dari setiap nagari pada setiap cabangnya, yang akan ikut berlomba pada MTQ ke 49 ini. 

"Kita berharap kafilah dari nagari kita dapat meraih prestasi terbaik pada saat ini," katanya.

Anggota DPD RI Leonardi mengatakan, melalui MTQ ini kita harapkan anak-anak kita bisa berkontribusi di nagari, dan seterusnya bisa sampai ke tingkat nasional seperti dari daerah Sungai Sirah Kuranji Hulu yang mampu ikut pada tingkat nasional. 

"Tentu kita berharap anak-anak kita ini bisa ke tingkat nasional nantinya," katanya.

Kemudian seperti kegiatan silat yang ditampilkan pada acara ini sangat kita apresiasi dan positif karena kedua kegiatan ini adalah modal utama bagi masyarakat kita di ranah Minang. 

Orang Minang pergi merantau kemana saja modal dasarnya adalah agama yang baik, dan silat sebagai bela diri mereka di rantau. 

"Kita tentu berharap kegiatan seperti ini terus dapat di pertahankan dan di tingkatkan, karena yang utama kita siapkan anak-anak kita ini sehat. Umpanya seperti MTQ ini, jika ada anak kita yang sampai juara nasional akan gratis masuk PNS tanpa tes dan boleh pilih instansi apa dan pilih bertugas di daerah mana saja," tegas Leonardi.

Kemenag Padang Pariaman yang di wakili oleh Kabag TU kemenag H. Mukhlis memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Nagari Sungai Buluah Barat. 

"MTQ ini adalah program nasional yang harus dilaksanakan dari bawah dan besok tingkat Sumbar akan diadakan di Solok Selatan. Harapan kita di tingkat Sumbar nanti kita Padang Pariaman dapat peringkat 3 di Sumbar," katanya.

Sampai hari ini adalah merupakan yang ke 10 kecamatan yang telah melaksanakan MTQ di Padang Pariaman. Tinggal beberapa kecamatan lagi yang segera melaksanakan. Kemudian sekarang ini semua anak- anak di Padang Pariaman harus pandai baca tulis Alqur'an karena nanti jika ada yang mau menikah harus bisa baca tulis Alqur'an, kalau tidak bisa KUA kita tidak mau menikahkan, tegas Mukhlis.

Bupati Padang Padang Pariaman yang diwakili oleh Kadis Perpustakaan Erman menyebutkan, persiapan panitia pada pelaksanaan MTQ kali ini dinilai sudah maksimal. 

"Harapan kita tentu semangat Qur'an jangan hendaknya karena MTQ, tapi seharusnya bagaimana masyarakat terus baca Alqur'an. 

Kemudian secara resmi Kadis Erman membuka secara resmi sebagai tanda dimulainya kegiatan MTQ ke 49 hari ini. 

Pada acara pembukaan MTQ ini terlihat dihadiri oleh beberapa orang OPD, Camat, Walinagari se Kecamatan Batang Anai, Walikorong, tokoh masyarakat dan Leonardi Anggota DPD RI, anggota DPRD Sumbar JJ, anggota DPRD Padang Pariaman dan beberapa orang Caleg. Pada kesempatan itu juga diadakan badoncek mencari dana untuk menopang lancarnya acara ini. (nd/ red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies