Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Gelar Kejora, SMANLA Dipuji Gubernur Mahyeldi

Gubernur Mahyeldi menyerahkan piala di SMA Negeri Lubuk Alung. (nd)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharulah SP, puji SMAN 1 (SMANLA) Lubuk Alung. Satu-satunya SMA yang mengadakan Kompensi Jiwa dan Raga, yaitu Kejora SMANLA pada kegiatan lomba Cerdas Quran, dan pertandingan futsal untuk seluruh SMA/MA yang ada di Sumbar. 

Hal ini disampaikan Gubernur dalam sambutannya pada acara pembukaan lomba ini Jumat (3/10/2023) di lapangan SMAN 1 Lubuk Alung.

"Kita merasa bangga dengan kreativitas dan kebersamaan para siswa ini. Melalui OSIS bisa dan mampu mengangkat acara ini, tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan dari pihak sekolah, alumni dan Komite Sekolah. Mari terus kita pupuk dan kembangkan kreativitas positif seperti ini," lanjut Gubernur Mahyeldi.

Kegiatan seperti ini, kata dia, sangat b

Pembukaan acara di SMA Negeri Lubuk Alung. (nd)

agus, jika merujuk kepada UU no. 17 tahun 2022 bahwa adat salingka nagari adalah karakteristik masyarakat Sumbar. 

"Semboyan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, mari terus kita tanamkan dan kembangkan kepada sanak kemenakan kita, termasuk kepada para siswa/i kita di Sumbar ini," ujar dia. 


Makanya, katanya, kegiatan lomba cerdas Quran yang digagas oleh siswa/i ini sangat pantas  didukung bersama dan terus di kembangkan.

Pada acara pembukaan tersebut juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs. Barlius, Kacabdin wilayah II Sumbar Yuhaldi M.M, Mantan Kadis Pendidikan Sumbar Drs. Syamsurizal, Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Dian, pengurus Komite Sekolah, pengurus Alumni, Kepsek dan semua guru-guru dan perwakilan peserta lomba seluruh SMA/MA se Sumbar.

Kepala Sekolah Marizon MPd dalam sambutannya menyampaikan, terwujudnya kegiatan Kejora I SMANLA Kompetensi Jiwa dan Raga dengan pertandingan Futsal SMANLA CUP I dan Lomba Cerdas Quran antar siswa SMA/MA se Sumatra Barat ini, adalah bentuk kecerdasan dari para siswa yang dibimbing oleh guru-guru yang hebat serta didukung penuh alumni sekolah yang handal dan Komite Sekolah yang hebat.

Sekolah memiliki siswa berjumlah 986 orang dan sudah 3 kali meraih prestasi di tingkat Internasional dan prestasi di tingkat Nasional. 40 Orang Alumninya sudah berhasil, adanya yang jadi bupati, pengusaha, dosen dan lainnya dan pengurus Komite yang tangguh. 

"Terlaksananya acara ini adalah berkat dukungan penuh dari para alumni, komite sekolah dan unsur lainnya," lanjut Marizon.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Barat Drs. Barlius menyebutkan, SMAN 1 ini dahulu adalah rintisan Sekolah Internasional dimana sampai sekarang masih ada jejaknya. 

"Kita menyemangati semua Kepala Sekolah di Sumatra Barat agar bisa mendorong para siswanya untuk terus berkreasi dan meraih prestasi bukan saja dalam akademik, tapi juga dalam kegiatan eksra kurikuler diantarannya seperti yang dilombakan saat ini," jelas Barlius.

Sekolah adalah wahana pengembangan bagi para siswa, dan tidak boleh menghambat bakat-bakat positif para siswa. Sekolah seharusnya mampu menawarkan berbagai kegiatan eksra kurikuler, semakin banyak kegiatan ekstra kurikuler pada siswa maka semakin bagus sekolah tersebut.

Kegiatan eksra kurikuler sangat banyak manfaatnya pada siswa diantaranya mampu mengorganisir, berbicara di depan umum dan berkomunikasi/bersinergi dengan berbagai pihak. 

"Generasi yang kita butuhkan kedepan adalah bukan hanya pintar secara akademik saja tapi juga mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, serta cakap dalam mengorganisir serta memiliki Etika yang baik," lanjutnya.

Melalui kegiatan eksra kurikuler ini seperti, cerdas Quran, seni, musik, olahraga, dan bela diri, bakat-bakat ini hendaknya terus kita pupuk dan kembangkan. 

Kegiatan positif seperti ini dapat menghindarkan tantangan besar bagi generasi muda sekarang seperti narkoba, LGBT, perundungan dan fornografi.

Pada acara pembukaan ini para tamu undangan yang hadir juga disuguhkan tari pasambahan yang diiringi dengan tasa, gendang, talempong dan alat musik lainnya semuanya adalah dari siswa/wi SMAN 1, kemudian menyuguhkan sekapur sirih kepada Gubernur, Kadis, Kacabdin, dan pejabat lainnya.  (nd/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies