Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Akibat Pembangunan Jalan Tol Sicincin-Pekanbaru, Beberapa Hektar Sawah Di Ladang Laweh Tertimbun Pasir

Sawah masyarakat Ladang Laweh Sicincin tertimbun pasir efek pembangunan jalan tol Sicincin - Pekanbaru. (yh)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Akibat pembangunan jalan tol Sicincin-Pekanbaru beberapa hektar sawah di Korong Ladang Laweh, Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, tertimbun pasir, Sabtu (11/11/2023).

Pembangunan jalan tol Sicincin-Pekanbaru yang dimulai pada awal tahun 2023. Pembangunan dengan target memperlancar jalur transportasi darat dari Sicincin ke Pekanbaru. Namun dalam proses pembuatan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat, khususnya di Korong Ladang Laweh, Nagari Sicincin.

Yedo Susanto selaku tokoh masyarakat dan juga salah satu pemilik sawah yang tertimbun akibat pembangunan jalan tol Sicincin-Pekanbaru menyampaikan, bahwa efek dari pembangunan jalan tol ini mengakibatkan banyaknya sawah masyarakat yang tertimbun pasir. 

Beberapa hektar sawah yang di harapkan masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian, tetapi karena tertimbun pasir akibat pembangunan jalan tol ini mengakibatkan terhambatnya proses pertanian.

"Hari ini upaya yang dapat dilakukan oleh petani adalah membersihkan sawah mereka yang tertimbun pasir. Kemudian membuat pembatas dari karung yang berisi pasir seadanya untuk mengantisipasi agar pasir tidak lagi masuk dan menimbun sawah yang ada," katanya.

Yedo menambahkan, bahwa beberapa minggu yang lalu pihak kontraktor dari jalan tol sudah mengganti rugi sawah petani yang terkena timbunan pasir. Ganti rugi yang dibayar sebesar Rp2000/M dari setiap sawah petani yang tertimbun pasir. Akan tetapi apakah kemudian dengan ganti rugi yang belum sebanding dengan kerugian yang menimpa petani ini bisa dijadikan solusi finalnya. 

"Maka dari itu harus ada alternatif solusi lain yang harus diberikan secepatnya. Mengingat pertanian merupakan mata pencaharian utama masyarakat yang ada di sini. Hampir setiap hari petani yang tertimbun sawahnya ini membersihkan material pasir masuk ke dalam sawahnya," ujarnya.

Yedo mengakhiri dan berharap kepada pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangunan jalan tol Sicincin-Pekanbaru ini, agar dapat memberikan solusi dari permasalahan ini. Agar nantinya sawah masyarakat yang tertimbun dapat mereka tanami padi lagi serta kerugian yang terjadi ini dapat di ganti rugi sebagaimana mestinya. (yh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies