Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tri Suryadi: Perlu Mengintensifkan Konsumsi Ikan Air Tawar

 

Tri Suryadi.

Padang Pariaman, Sigi24.com--Tulisan AS Edi yang berjudul Antara Ajakan dan Harapan di media ini, Kamis 27 Juli 2023 dapat tanggapan dari Tri Suryadi.

Menurut Wali Feri, demikian akrabnya Caleg DPR RI dari PKB ini di tengah masyarakat, penduduk Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman minimal membutuhkan 15.000 kg ikan setiap hari.

Sementara, tulis Wali Feri, produk peternak ikan lokal atau hasil tangkapan nelayan putera daerah di laut, dapat dipastikan tidak akan mampu memenuhi kebutuhan ikan sebanyak 15 ton per hari.

"Dengan demikian, perlu dikonsentrasikan pembinaan kepada nelayan tentang sarana prasarana, perlengkapan dan alat tangkap ikan yang lebih baik dan modern," sebutnya.

Mantan Cabup Padang Pariaman ini minta pemerintah mengintensifkan program penyuluhan kepada masyarakat supaya lebih berminat mengkonsumsi ikan air tawar, keramba dan kolam buatan atau kolam terpal untuk jenis ikan nila, mujahir, patin, lele, belut dan jenis ikan lainnya.

Serta, katanya, membudidayakan usaha perikanan darat untuk perorangan atau kelompok tani agar kembali menghidupkan usaha ini, dan dibarengi cara pembuatan, penyediaan dan subsidi makanan ikan.

"Kita gerakan produsen perikanan darat ini agak revolusioner kepada masyarakat sebagai usaha yang terukur dengan target pemerintah daerah minimal 5 ton per hari," ulas dia.

Katanya, untuk estimasi target  pemenuhan kebutuhan ikan berkolaborasi setiap harinya berasal dari tangkapan nelayan daerah 5 ton, tambah ikan impor 5 ton dan 5 ton lagi produksi usaha perikanan darat.

Kemudian, katanya, motivasi setiap rumah tangga untuk memanfaatkan lahan sempit, baik di tanah maupun dalam pot/ember, kaleng cat bekas/polibeg di halaman rumah dan teras untuk menanam bermacam sayuran hijau, rempah-rempah bumbu, cabe rawit, dan tanaman bonsai berbagai jenis jeruk, baik untuk kebutuhan sendiri dan bisa pula dijual untuk beli  ikan.

"Contoh, 500 gram cabe rawit bisa dibelikan 1.000 gram ikan nila/patin. Atau 1000 gram tomat + 1000 gram  terung, bisa membeli 500 gram ikan," ujar dia. (ad/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies