Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Santri Kelas Enam MIQU Al-Falah Lulus 100 Persen

Foto bersama usai perpisahan. (nd)

Padang, Sigi24.com--Madrasah Ibtidaiyah Qur'an (MI QU) Al-Falah Perkampungan Minangkabau, Kecamatan Koto Tangah, Padang berhasil lulus 100 persen dari 15 orang siswa dan siswi atau setara dengan Sekolah Dasar, dengan tingkat kelulusan sangat memuaskan. 

Demikian disampaikan oleh Kepala Sekolah Eka Putri Natasya S. Pd, pada saat perpisahan santri kelas 6, Senen (12/6/2023) di halaman Sekolah MI QU.

Ketua Yayasan sekaligus inisiator dan Pendiri Pondok Pesantren Al-Falah Buya Syamsul Akmal Dt. Putiah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa hari ini adalah hari perpisahan. 

"Salah satu keberhasilan sebuah sekolah itu, adalah yang telah memiliki alumni. Saat ini kita telah berhasil menamatkan 15 orang siswa-siswi kelas 6, merupakan alumni perdana bagi kita dan alhamdulillah lulus 100 persen," katanya. 

Kendati demikian, katanya, belum bisa dikatakan yang terbaik karena belum ada tandingannya. "Tapi adalah kelulusan terhebat, tentu adalah sebuah kebanggaan kita dan tak terlepas dari berkat kegigihan serta keseriusan dari Kepala Sekolah, ustadz dan ustazah/guru-guru muda kita di sini," papar Syamsul Akmal.

Di tengah bermunculannya sekolah swasta lain, kata dia, baik yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan maupun di bawah Kemenag, dengan pernak-pernik yang baik, bahkan ada juga yang belum mengantongi izin dan memungut biaya mahal. 

"Sekolah kita tampil beda dan tidak ketinggalan dari mereka. Sekolah kita sudah memiliki izin resmi," ungkapnya. 

Sekolah memiliki ciri khas sendiri dari sekolah lainnya. "Kita memiliki adanya misi sosial, menampung anak-anak yatim dan orang tua betul- betul tidak mampu kita gratiskan, atau tidak bayar semuanya di fasilitasi, biaya, baju, buku dan asrama," ungkapnya. 

"Di Kota Padang mungkin sekolah kita yang sudah memiliki asrama untuk anak di tingkat Sekolah Dasar," ulas Buya Akmal.

Lebih lanjut Buya Syamsul Akmal yang saat ini merupakan kandidat doktor di Universitas Andalas ini menyampaikan, sedikit sejarah berdirinya MI QU ini. 

"Enam tahun yang murid perdana kita hanya ada tiga orang. Kepala Sekolah dan guru hanya bermodal semangat dan SK, terkadang absen anak 1 tinggal 2 orang, dan banyak guru dari pada muridnya," ujar dia. 

Namun, lanjutnya, berkat perjuangan dan ketabahan dari guru-guru dan pengurus yayasan, hari ini sudah punya 15 orang alumni.

"Keberhasilan kita raih ini adalah berkat kerjasama kita semua, termasuk orang tua/wali murid yang telah mempercayai anaknya kepada kami untuk sekolah di sini," katanya. 

Buya Syamsul Akmal atas nama yayasan dan pembina, pimpinan serta guru-guru mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali murid dan mohon maaf jika ada kesalahan, kekurangan serta kelalaian selama anak belajar di sini.

Ustadz Sigit Sugiarto, mewakili wali murid menyampaikan, jika semua kekayaan yang ada pada kami saat ini, kami berikan kepada MI QU, mungkin belum bisa membalas jasa dari yayasan, pimpinan pondok, kepala sekolah dan guru-guru anak kami selama enam tahun belajar di sini. 

"Kami hanya berdo'a, semoga MI QU semakin maju dan berkembang kedepannya, pimpinan dan guru semakin sejahtera dan bahagia, bagi yang belum berkeluarga semoga cepat ditemukan jodohnya oleh Allah Swt dan bahagia," doanya.

Kedua kami sadar sebagai orang tua/wali murid memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Untuk itu selama enam tahun anak kami belajar di sini diberikan fasilitas, diberi makan, diasramakan, dijaga bahkan malah diberikan biaya hidup di sini. 

"Untuk itu jika diantara kami ada kesalahan dalam berkomunikasi dan kerjasama yang kurang berkenan, kami orang tua murid mohon diberikan maaf dengan penuh ke ikhlasan," tambah Sigit.

Mengakhiri, acara ditutup dengan memberikan hadiah kepada tiga orang siswa yang berhasil meraih peringkat terbaik. Diantaranya Citra Fajriani alumni terbaik meraih nilai tertinggi, Yoga meraih hapalan Qur'an terbanyak dan Rifki meraih santri asrama terbaik. 

Kepada ketiga siswa terbaik ini masing-masing diberikan tropy dan sejumlah uang dalam amplop. Setelah itu penampilan bermacam pergelaran tari dari adik-adik dari para alumni. (nd/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies