Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perubahan Itu Dititipkan Lewat Sukri Umar Datuak Pado Basa

Sukri Umar Datuak Pado Basa. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Di kalangan wartawan Sumatera Barat, nama Sukri Umar Datuak Pado Basa tak asing lagi. Terbilang wartawan senior yang meniti karir kewartawanannya dari bawah.

Pemilu 2024, Sukri Umar dicalonkan oleh Partai NasDem sebagai Caleg DPRD Sumbar dari Dapil II, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Tentu pencalonan terhadap Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari Lubuk Alung itu tidak asal-asalan oleh partai pimpinan Surya Paloh ini.

Begitu pula Sukri Umar, salah seorang niniak mamak nan gadang basa batuah di nagari yang terkenal dengan pananya ini, menetapkan pilihan partai yang akan mengantarkannya sebagai anggota dewan terhormat, setelah melihat dan mempertimbangkan plus minus dari partai bersangkutan.

Partai NasDem, menurut pengamatan banyak orang di Sumatera Barat, adalah salah satu partai yang akan memenangi persaingan 2024. Bahkan, di Padang Pariaman sendiri sebagai daerah pemilihan Sukri Umar, NasDem bakal unggul secara mutlak.

Dan peluang sebagai pemenang, sudah terbaca dengan baik oleh NasDem. Sebaran caleg provinsi di Dapil II ini, terlihat memenuhi semua wilayah Piaman. Pun, caleg yang diusung, semuanya tokoh di tengah masyarakat lingkungannya.

Pilihan Sukri Umar pada NasDem, sepertinya tepat. Tinggal eksekusi, pemilu itu sendiri yang akan menentukan tujuh orang tokoh yang akan berangkat ke Sumbar dari Piaman ini.

Pengalaman dia di dunia jurnalis, adalah modal terbesar untuk mempengaruhi opini masyarakat, agar bisa baik dan benar dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Tua belum muda terlampau di diri Sukri Umar, adalah hal yang amat diuntungkan. Artinya, keberadaan dia sebagai caleg masuk pada semua kalangan.

Di kalangan pemilih tua, status sosial Sukri Umar sebagai Datuak Pado Basa di kaumnya Suku Jambak Lubuk Alung, tentunya sebuah harapan besar untuk bisa berkontribusi nantinya, memperkuat tatanan adat salingka nagari.

Sementara di kalangan pemilih milenial, Sukri Umar yang berpendidikan S-2 ini, tak diragukan lagi soal penguasaan tekhnologi informasi.

Banyak sudah karyanya dirasakan masyarakat daerah ini. Karya lewat media yang dia jalaninya sejak dari wartawan lapangan sampai menjadi pemimpin redaksi dan pemimpin umum, tidak ada yang diragukan.

Sedangkan di sosial kemasyarakatan, Sukri Umar saat ini dipercaya sebagai Ketua LPM Nagari Lubuk Alung. Di Sumbar, dia juga pernah jadi pengurus organisasi profesi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar dan Dewan Pendidikan Sumbar.

Pun di Ikatan Keluarga Kelarasan Lubuk Alung (IKKALA), Sukri Umar ikut mewarnai organisasi itu. Tepat sekali isyu perubahan yang diusung Partai NasDem, ditumpangi Sukri Umar ke DPRD Sumbar dari Piaman ini.

Masyarakat pun sangat ingin adanya perubahan itu. Ya, perubahan ekonomi, politik, budaya dan lain sebagainya ke arah yang lebih baik. (ad)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies