Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hebat, Pemko Pariaman Nobatkan Asfar Tanjung sebagai Tokoh Peduli Pendidikan

Walikota Genius Umar menyerahkan penghargaan peduli pendidikan kepada Asfar Tanjung. (ist)

Pariaman, Sigi24.com--Pemko Pariaman menobatkan Dr. H. Asfar Amir sebagai tokoh "Peduli Pendidikan". 

Senin (22/5/2023) dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dan 115 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, Walikota Genius Umar menyerahkan piagam penghargaan peduli pendidikan itu kepada Asfar Tanjung, begitu nama familiarnya Asfar Amir di tengah masyarakat.

Ya, Hardiknas dan Harkitnas dilangsungkan bersamaan, lewat upacara bendera di halaman Balai Kota Pariaman.

Asfar Tanjung yang juga tokoh masyarakat Pariaman ini, memang sangat intens, peduli sekali dan punya kontribusi cukup besar untuk memajukan mutu pendidikan dasar di Kota Pariaman.

”Terutama masalah akreditasi sekolah, sebagai alat ukur kualitas satuan pendidikan. Apalagi, instrumen akreditasi sekolah ini kian hari terasa berat, dan tertantang dari warga sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi, usai upacara.

Kanderi menyebutkan, penghargaan yang diberikan kepada Asfar Tanjung, merupakan apresiasi dan ucapan terima kasih dari Pemerintah Kota Pariaman bersama Disdikpora dan jajaran. 

Ia sangat gigih turun ke sekolah, memberikan bimbingan dan pembinaan pada satuan pendidikan tentang akreditasi sekolah.

“Asfar Tanjung tercatat sebagai Asesor Nasional pada Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sumatera Barat ini, sangat menguasai akan seluk beluk akreditasi sekolah. Juga punya modal berupa disertasi doktornya yang membahas kompetensi guru dan kualitas sekolah di Kota Pariaman” pada Universitas Pendidikan Sutan Idris (UPSI) Malaysia tahun 2014 lalu,” ungkap Kanderi.

Menurut dia, sangat pantas Pemko Pariaman memberikan penghargaan. Karena, berkat bimbingan dan pembinaan dia, telah banyak satuan pendidikan SD, SMP, MTsN dan SMAN di kota ini meraih predikat “A”. Sebelumnya, hanya rata-rata meraih predikat “B”.

Padahal, sambung Kanderi, bukan dia pula sebagai Asesor yang turun melakukan visitasi ke sekolah-sekolah tersebut. 

“Sehingga telah terjadi lonjakan raihan Akrediatasi “A” pada setiap satuan pendidikan. Luar Biasa. Ini prestasi buat Kota Pariaman. Sebab sekolah yang berpredikat Akreditasi “A” akan sangat berpengaruh tentang keberadaan satuan pendidikan yang bersangkutan kedepannya,” tegas Kanderi.

Kepala SMPN 1 Pariaman Rostina ketika dihubungi menilai, sangat pantas diberikan apresiasi dan penghargaan kepada Asfar Tanjung. Dia telah mendorong dan memotivasi guru serta warga sekolah untuk merubah mindset selama ini.

“Dia itu memberikan bimbingan dan pencerahan yang semula berkerut keniang kita menerima materi. Begitu selesai, terbuka pikiran. Senang hati dibuatnya. Terpanggil untuk membenahi semua lini di Sekolah. Terinci dan jelimet dia memberikan penjelasan dengan dukungan alat peraga kepada kami,” tutur Kepsek itu.

Lain lagi tanggapan Tarmizi. Kepala MTsN 1 Pariaman ini salut kepada Asfar Tanjung yang begitu tinggi perhatiannya terhadap masalah pendidikan ini. 

“Kemana-mana di Sumbar dia turun memberikan pencerahan tentang mutu satuan pendidikan, apalagi pada Madrasah. Dia mempergunakan instrumen ibadah peserta didik, dan instrumen kepada guru serta Kepsek,” sebut Tarmizi.

Ketiga ranah instrumen itu, kata Tarmizi yang sebelumnya Kepala MTsN 3 Kota Pariaman, Asfar ketika turun membahasnya satu persatu, baru dikaitkan dengan instrumen akreditasi sekolah atau madrasah. Hal demikian, berkat kajian dan penelitian dia selama ini. Sehingga timbul motivasi kuat untuk berpacu membenahi satuan pendidikan.

Sedangkan Kepala SDN 1 Balai Nareh, Pariaman Suarti yang dihubungi merasa sangat terbantu adanya pencerahan dari praktisi pendidikan Sumbar Asfar Tanjung itu. 

“Dan sangat pantas diberikan penghargaan dan reward kepada dia. Dia tampil dengan strategi menguasai masalah, juga mempergunakan alat peraga IT,” ungkap Suarti.

Sebab, jelas Kepsek alumni SPG LA 87 itu, mau masuk mengirim bahan akreditasi saja juga mempergunakan IT. Sehingga bahan-bahan alat perangkat guru dan bahan-bahan kerja Kepsek harus tertata secara dokumen yang baik.

“Berkat bimbingan dan pencerahan dia, kami warga sekolah di SDN 1 Balai Nareh, sangat luar biasa untuk memajukan sekolah. Itupun kami bukan mengecilkan peran Pengawas Sekolah,” ucap Suarti. 

Ia menambahkan, semangat untuk melahirkan anak didik yang hebat, cerdas, dan sekolah berkualitas terbuka dengan antusias, yang pada akhirnya pendidikan di Kota Pariaman berkualitas pula.

Afar Tanjung menyebutkan, bahwa apa yang dia buat dan lakukan terhadap dunia pendidikan adalah satu faktor yang mendorongnya, yakni kepedulian. 

"Selagi kita bisa dan mampu, sesuai pula disiplin ilmu dan keilmuan, memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan ini adalah tanggung jawab moral," ujar wartawan senior anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar ini. (ad)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies