Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bawaslu Sijunjung dan Walinagari TBA Selatan Resmikan Pojok Pengawasan Partisipatif

Foto bersama Bawaslu Sijunjung usai peresmian Pojok Pengawasan Partisipatif. (ist)

Sijunjung, Sigi24.com--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung mengadakan agenda "Ngopi", Ngobrol Pemilu bersama Pemuda, Mahasiswa dan tokoh masyarakat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, di Posko Kesekretariatan Pemuda TBA Selatan, Sabtu (27/05/2023).

Kendatipun malam diwarnai hujan, semangat pemuda tak terbendung untuk Ngopi bersama Bawaslu, dalam mengasah edukasi pengetahuan pengawasan pemilu dalam suksesnya demokrasi 2024 mendatang.

Sang inisiator Ngopi "Ngobrol Pemilu" Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan serta Partisipasi Masyarakat (DIV. KPPH) Riki Minarsah, SE menyampaikan kegiatan Ngopi ini berawal dari tahun 2018 saat suksesi pemilu 2019 lalu, hingga hari Ngopi sebagai akar rumput dalam pendekatan dan edukasi kepada masyarakat tentang kepemiluan.

"Alhamdulillah, Ngopi sangat menyentuh dan diterima di tengah masyarakat di Kabupaten Sijunjung. Sebab dengan santai dan bersahabat bisa berdiskusi dan memberikan informasi pengawasan dalam kepemiluan dengan terang benderang," terangnya sembari seruput kopi hitam produksi anak nagari.

Riki Minarsah menambahkan, bahwa Ngopi sebagai tindaklanjut pasca agenda deklarasi Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif. 

Maka, lanjutnya, harus ada penguatan dan pendekatan secara berkelanjutan agenda Ngopi "Ngobrol Pemilu" lebih tepat. 

Sembari Ngopi, Riki juga akan mendeklarasikan Pojok Pengawasan Partisipatif bersama Walinagari Tanjung Bonai Aur, Ketua Badan Musyawarah Nagari, Ketua Mahasiswa dan Masyarakat TBA Selatan.

"Pojok Pengawasan Partisipatif sebagai sarana informasi dan edukasi tentang kepemiluan nanti setiap tahapan dan pengaduan masyarakat akan lebih mudah dengan adanya Pojok Pengawasan yang ditempatkan di Posko Kepemudaan Nagari TBA Selatan," ucapnya.

Walinagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Abd. Rahman Peto Sori sangat bersyukur terhadap perhatian Bawaslu Kabupaten Sijunjung kepada masyarakatnya. 

Apalagi hari ini tahun kepemiluan perlu adanya pencerdasan terhadap aturan dalam kepemiluan serta pengawasan kepemiluan apalagi terhadap Pemerintah Nagari Tanjung Bonai Aur sebagai Aparatur Sipil Negara.

"Terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Sijunjung telah memberikan perhatian kepada kami dan masyarakat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, memberikan edukasi dan pemantapan pemahaman dalam undang undang pemilu untuk menyongsong pemilu 2024 mendatang," syukurnya memberikan apresiasi.

Sementara itu, Ketua Ikatan Mahasiswa Tanjung Bonai Aur Selatan Bambang Ardiansyah saat berdiskusi "Ngobrol Pemilu" dengan Ngopi sangat mendapatkan pencerahan terhadap pengawasan dalam mengahadapi pemilu 2024. 

Katanya, sebagai candra dimuka garda terdepan pencerdasan kepemiluan dan demokrasi ditengah masyarakat.

"Hasil Ngopi sangat mencerahkan, insya Allah Ikatan Mahasiswa Tanjung Bonai Aur Selatan demi suksesnya kepemiluan 2024 siap menjadi kader pengawas partisipatif, dan kami akan segara melakukan MOU dengan Panwaslu Sumpur Kudus," pungkasnya. (yh/fra)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies