Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati Terpilih sebagai Ketua KAN Lubuk Alung

Kapolsek Lubuk Alung IPTU Arvi Yandri foto bersama dengan niniak mamak dalam musyawarah KAN. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Musyawarah pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Alung, Ahad (29/1/2023) di Masjid Raya Ampek Lingkuang berjalan dengan sukses dan lancar.

Dari laporan Polsek Lubuk Alung, pihaknya ikut memberikan pengamanan acara itu. Termasuk dari Polres Padang Pariaman, juga ikut hadir.

Musyawarah pemilihan Ketua KAN ini tentu bagian dari sejumlah rangkaian kegiatan sebelumnya. 

Bersatunya dualisme kepengurusan KAN Lubuk Alung, musyawarah pemilihan Ketua KAN itu, adalah menandakan berakhirnya silang sengketa dan perselisihan selama ini. 

Musyawarah itu, sebelumnya adalah musyawarah melebur dualisme kepengurusan, dengan menetapkan Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa sebagai Plt Ketua sekaligus ketua panitia musyawarah, dan Hilman H Datuak Mangkuto Alam sebagai Sekretaris panitia musyawarah. 

Kapolsek Lubuk Alung IPTU Arvi Yandri menyebutkan, para calon Ketua KAN yang akan dipilih berdasarkan kesepakatan Urang Nan Sapuluah (pucuk nan baranam basa nan barampek) sesuai dengan nomor urut sebagai berikut. 

Pertama Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati dari Duku Panyalai, kedua Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa dari Suku Jambak, ketiga Syaifulman Datuak Rajo Basa dari Suku Koto, dan keempat Asril Muchtar Datuak Rangkayo Basa dari Suku Koto.

Musyarawah pemilihan Ketua KAN dipimpin oleh Abdurrahman Datuak Rangkayo Balai, dan diikuti seluruh pucuk adat Nagari Lubuk Alung, yakni urang nan sapuluh. Basa nan barampek, pucuak nan baranam, sunting baduo dan ninik mamak kaum se Kecamatan Lubuk Alung lebih kurang 79 orang.

Pemilihan dilakukan dengan demokrasi, suara terbanyak. Masing-masing peserta dari niniak mamak itu memilih sesuai pilihannya. 

Tercatat, 88 orang pangulu dan niniak mamak punya hak suara untuk memilih ketua KAN tersebut.

Kertas suara dicetak dengan gambar calon, nama calon, dan nomor urut calon, dan dipilih dengan cara melingkari nomor urut calon. 

Selain pangulu dan ninik mamak dilarang masuk ruangan musyawarah pada saat pemilihan berlangsung.

Para niniak mamak yang tidak datang, hak pilihnya hilang dan menyetujui hasil pemilihan.

Apabila ada yang memilih dua calon, suaranya dianggap batal.

Pemilihan Ketua KAN secara demokrasi dimulai dengan jumlah ninik mamak yang hadir sebanyak 79 orang yang dipimpin oleh Hilman H Datuak Mangkuto Alam. 

Dan dalam penghitungan suara setelah pemilihan, Aswil Indra Datuak Rajo Nan Sati dari Suku Panyalai mendapatkan 46 suara, sekaligus suara terbanyak. 

Sedangkan Hari Subrata Datuak Rangkayo Basa dari Suku Jambak mendapatkan 33 suara. 

Waka Polres Padang Pariaman Kompol Armijon, Kasat Intelkam Iptu Nirdes Ali, Kasat Samapta Iptu Syahbudin hadir dalam acara itu. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies