Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Padang Pariaman Termasuk Pelaku UMKM Terbesar di Sumbar

Kegiatan edukasi keuangan syariah bagi pelaku UMKM di Padang Pariaman. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--- Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) terbesar di Sumatera Barat. Rata-rata, masyarakat daerah ini memiliki mata pencarian sebagai pelaku UMKM.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis saat membuka kegiatan Edukasi Keuangan Syariah yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Provinsi Sumatera Barat, Kamis (21/03) di Hall IKK Padang Pariaman di Parit Malintang.

Rudy mengungkapkan, kegiatan edukasi keuangan syariah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi pelaku UMKM. Dengan adanya edukasi keuangan berdasarkan prinsip-prinsip yang ada, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam meningkatkan literasi pengelolaan keuangan pribadi.

Di kesempatan itu, dengan bangga Sekda Rudy R. Rilis menyampaikan, bahwasanya pelaku UMKM di merupakan designer bagi produknya sendiri. Mulai dari menentukan packaging, pemilihan warna kemasan dan font, kemudian mengemasnya dengan baik dan menarik.

Sementara itu, Deputi Direktur Pengawas OJK 1 Kantor OJK Provinsi Sumbar Mendi Rahmadi mengungkapkan, UMKM adalah usaha yang digeluti oleh sebagian masyarakat Indonesia. 

Menurutnya, UMKM memiliki berbagai keunggulan yang minim risiko.

"UMKM adalah sebuah jenis usaha yang penuh inovasi dan mudah. Selain itu mampu menyerap tenaga kerja yang besar sehingga dapat mengurangi angka pengangguran," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, edukasi keuangan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku dalam mengambil keputusan terkait pengelolaan keuangan yang dampaknya adalah meningkatnya kesejahteraan. 

Kegiatan yang digelar selama 1 (satu) hari ini diikuti oleh sekitar 100 pelaku UMKM di Kabupaten Padang Pariaman dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, Kepala DisdagnakerKop, Kabag Perekonomian, Kabid UMKM, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Alung, dan Pimpinan Unit Usaha Bank Nagari Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. (rls/red)


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies