Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

210 KPPS di Balah Hilie Lubuk Alung Diumumkan

Seleksi penerimaan berkas calon KPPS di Nagari Balah Hilie Lubuk Alung. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Setelah melalui serangkaian seleksi dan rekrutmen, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Jumat 29 Desember 2023, mengumumkan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hasil seleksi itu.

Tahapan ini mengacu pada peraturan KPU tentang penyelenggaraan Pemilu 2024 di tingkat KPPS.

Di Padang Pariaman sendiri animo masyarakat dan anak muda untuk jadi anggota KPPS ini tidak terlalu tinggi. Tetapi, setidaknya di setiap nagari berlangsung standar saja.

Sebagai contoh di Nagari Balah Hilie Lubuk Alung. Di nagari ini butuh 210 orang petugas KPPS, untuk 30 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing-masing TPS memakai tujuh KPPS. Sementara, masyarakat yang ikut ambil bagian dalam seleksi KPPS hanya 250 orang.

Ketua PPS Nagari Balah Hilie Lubuk Alung Sutan Yardi menyebutkan, tahapan penerimaan berkas calon KPPS sejak 11-20 Desember 2023.

"Jadi ada 250 berkas yang masuk. Sementara, untuk KPPS itu hanya 210 orang," kata dia, Kamis 28 Desember 2023.

Menurutnya, animo masyarakat untuk ikut seleksi ini tidak terlalu tinggi. Biasa saja, sama dengan Pemilu lima tahun lalu.

Cuma 40 orang yang tereliminasi, setelah dilakukan seleksi. "Besok kita umumkan di kantor nagari, sesuai tahapan," kata Yardi.

Yardi menyebutkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Balah Hilie Lubuk Alung mencapai 7.203 pemilih, dengan rincian 3.568 laki-laki, 3.635 perempuan.

Sebagai petugas di nagari, Yardi terus melakukan sosialisasi di tengah masyarakat. Sosialisasi pentingnya ikut dalam memilih.

"Pastikan diri sudah terdaftar di TPS berapa. Bagi yang belum silakan menghubungi kami, agar diberikan solusi sesuai tahapan Pemilu itu sendiri," kata Yardi.

Katanya lagi, pemilih yang sebanyak itulah yang tergabung di 30 TPS yang tersebar di sembilan korong yang ada di Balah Hilie Lubuk Alung.

Dalam soal kepemiluan, Yardi sepertinya sudah senior. Dia pernah jadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuk Alung, Ketua PPK, hingga kini jadi Ketua PPS di Nagari Balah Hilie Lubuk Alung.

Pernah pula di panitia pengawas, yakni Panwascam Kecamatan Lubuk Alung. Jadi seluk beluk pemilu, Yardi memang familiar.

Yardi pernah dapat penghargaan dari Ketua KPU RI, sebagai ketua PPK yang paling sukses menyelenggarakan pemilu, yang kala itu Ketua KPU RI Husni Kamil Manik. (ad/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies