Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Lurah Pasir Pariaman: Pelayanan Posyandu Lansia Cegah Penyakit Lebih Dini

Foto bersama mahasiswa dan dosen dengan Lurah Pasir Asrif. (ist)

Pariaman, Sigi24.com--Pelayanan posyandu lansia yang rutin dilayani di Kantor Lurah Pasir Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman bertujuan untuk mencegah penyakit di kalangan lanjut usia (lansia). Karena lansia rawan dari berbagai penyakit, sehingga perlu kontrol lebih awal agar penyakitnya bisa dideteksi dan dicegah lebih dini.

Demikian diungkapkan Lurah Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman Asrif, kepada mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Indonesia (PMI)-A semester V Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang yang melakukan studi lapangan, Selasa (3/10/2023), ke kantor Lurah setempat. 

Menurut Asrif, pelayanan posyandu lansia rutin dilaksanakan pada Selasa minggu pertama setiap bulan. Kategori lansia menurut umurnya, pra lansia berusia 45-59 tahun, usia 60 – 69 tahun lansia muda, umur 70-79 tahun merupakan usia madya. Sedangkan usia 80-89 tahun, merupakan lansia tua. 

“Pelayanan lansia ini, juga dibarengi dengan pemberian makanan tambahan kepada peserta agar bisa membantu kebutuhan gizi di usia lanjut. Mereka yang hidup terbatas, terkadang tinggal sendiri atau hanya dengan suaminya, sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak dinginkan,” kata Asril.

Dosen Pengampu mata kuliah Monitoring dan Evaluasi Kebijakan PMI-A UIN IB Padang Armaidi Tanjung menyebutkan, studi lapangan ke Kantor Lurah Pasir Kecamatan Pariaman Tengah ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami dan memiliki pengalaman salah satu kebijakan pemerintah, yakni terkait pelayanan posyandu lansia. 

“Mahasiswa diberikan kesempatan melihat langsung pelayanan lansia. Dari pelayanan yang diberikan, mahasiswa dipersilakan melakukan monitoring sebagaimana sudah dipelajari di ruang belajar kampus,” kata Armaidi, Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat ini.  

Ketua Kosma PMI-A Semester V UIN IB Padang Ryan Syahputra menyampaikan terima kasih kepada Lurah Pasir Pak Asrif yang sudah bersedia menerima rombongan mahasiswa yang melakukan studi lapangan ini. Banyak ilmu pengetahuan dan informasi yang diperoleh dalam pelayanan posyandu lansia di Kelurahan Pasir Pariaman ini. 

“Yang jelas, kami mahasiswa yang datang sebanyak 24 orang ini memiliki wawasan terhadap masalah pelayanan posyandu lansia. Pengalaman dan ilmu yang diperoleh di Kantor Lurah Pasir ini sangat berarti bagi kami. Mudah-mudahan ilmu pengetahuan dan informasi pelayanan posyandu lansia ini bisa menambah wawasan pemikiran dan membentengi diri, keluarga dan lingkungan di masing-masi ng mahasiswa yang mengikuti studi lapangan ini,” kata Ryan Syahputra mengakhiri. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies