Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

FKS Padang Pariaman Sosialisasikan Pentingnya Cegah BABS

Pertemuan FKS Padang Pariaman. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padang Pariaman terus diminta untuk berperan aktif dalam pemicuan open defecation free (ODF), atau stop buang air besar sembarangan (BABS). 

FKS yang beranggotakan dari berbagai elemen dan tokoh masyarakat, diharapkan mampu mendorong perubahan perilaku masyarakat yang tidak lagi buang air besar sembarangan.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Eva Trisna Murni, SKM pada pertemuan dengan pengurus FKS Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (24/10/2023) di sekretariat FKS Padang Pariaman jalan Raya Padang – Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. 

Menurut Eva Trisna, dengan berperan aktifnya pengurus FKS mensosialisasikan pentingnya mencegah buang air besar sembarangan dengan penyediaan jamban yang sehat. 

“Buang air besar sembarangan memicu berkembangnya berbagai penyakit. Karena buang air besar manusia tidak sehat, sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit,” kata Eva Trisna.

Dinas Kesehatan Padang Pariaman sangat mendukung kegiatan FKS Padang Pariaman yang memicu terwujudnya ODF. “Walaupun dengan berbagai keterbatasn, FKS Padang Pariaman terus mengajak masyarakat hidup sehat dan bersih dengan menyediakan jamban sehat bagi setiap rumah dan bangunan baru,” kata Eva Trisna.

Ketua FKS Padang Pariaman Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman mengatakan, pengurus FKS yang terdiri dari berbagai kalangan merupakan orang-orang yang sudah teruji dalam melakukan kerja-kerja sosial seperti di Forum Kabupaten Sehat ini. 

“Walaupun demikian, dukungan dana yang lebih rasional patut juga menjadi perhatian pihak terkait. Sehingga program kerja dari FKS Padang Pariaman bisa lebih maksimal dalam mendorong masyarakat hidup sehat dan bersih,” kata Rahmat Tuanku Sulaiman yang juga Ketua Baznas Padang Pariaman ini.

Dikatakan Rahmat, untuk mempercepat memicu ODF ini, FKS Padang Pariaman meminta Camat membentuk Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan wali nagari membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Nagari Sehat. Baik FKKS maupun Pokja Nagari Sehat tersebut juga untuk memperbanyak struktur organisasi yang memicu ODF ini di Kabupaten Padang Pariaman.

Pertemuan dipandu Sekretaris FKS Padang Pariaman Armaidi Tanjung, dihadiri Staf Bapelitbangda Kabupaten Padang Pariaman Novianti, staf Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Padang Pariaman dan para pengurus FKS Padang Pariaman. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies