Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Cagar Budaya Harus Dilestarikan

Penemuan cagar budaya di Lubuk Alung. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Cagar Budaya merupakan sebuah bukti akan hadirnya peradaban di masa lalu yang harus dilestarikan. Peristiwa atau kejadian di masa lalu selalu meninggalkan jejak-jejaknya. Banyak objek yang diduga berasal dari suatu peristiwa sejarah masa lampau yang ditemukan oleh masyarakat.

Menyikapi hal tersebut tentu sangat diharapkan, adanya kerjasama masyarakat dengan lembaga terkait dalam upaya mengutamakan keselamatan dari objek yang diduga cagar budaya dan agar nilai-nilai yang dikandungnya tidak berkurang.

Terkait laporan penemuan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) di kawasan Perbukitan Paladangan di Korong Surantiah, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memberi apresiasi walinagari dan masyarakat Lubuk Alung. 

Karena menurutnya, laporan yang disampaikan merupakan sebuah upaya penyelamatan nilai budaya yang terkandung dalam objek yang diduga cagar budaya tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Anwar menyebut bahwa laporan yang disampaikan masyarakat itu telah ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah. Dia menyatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada lembaga yang berwenang ditingkat Provinsi Sumatera Barat. 

"Sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2003 tentang cagar budaya tersebut, informasi temuan ini telah disampaikan kepada pihak dan lembaga terkait," ungkap Anwar saat melakukan kunjungan pada Kamis (12/10) bersama tim ke lokasi yang diduga cagar budaya tersebut.

Ditegaskan bahwa untuk menetapkan objek yang diduga ini sebagai cagar budaya harus berdasar pada multi kajian dan memakan waktu yang lama. Dan ditegaskannya, bahwa kewenangan dalam menetapkan itu bukan lah di pemerintah daerah.

"Kita sudah bersurat kepada lembaga terkait tentang Objek Diduga Cagar Budaya ini," terang Anwar yang didampingi Kabid Kebudayaan Ade Novalia. 

Ikut hadir Prof. Herwandi Arkeolog Sumatera Barat yang juga Tim Ahli Cagar Budaya, Ir Ade Edward Ahli Geologi Sumatera Barat, Camat Lubuk Alung Dion Franata bersama jajaran, Kabid IKP Dinas Kominfo Heri Sugianto, dan Wali Nagari beserta tokoh masyarakat di kenagarian setempat. (mh/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies