Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

UNU Sumbar Ikut Berperan Mengatasi Stunting di Padang

Pemberian bibit daun kelor untuk antisipasi stunting di Kota Padang oleh UNU Sumbar. (ist)

Padang, Sigi24.com--Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumbar selalu berkomitmen untuk berperan serta dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

Salah satu wujud kepedulian UNU Sumbar terhadap masyarakat, adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Rumah Gizi Kecamatan Padang Timur, bekerjasama dengan Tim Percepatan Penanganan Stunting dari Puskesmas. 

Kegiatan tersebut berupa pembagian bibit Kelor kepada ibu-ibu yang memiliki anak terdampak stunting, serta para pendamping dari Kelurahan. Kegiatan dilakukan secara berkelanjutan selama dua hari yang diikuti dengan kegiatan pendampingan dan evaluasi. Kegiatan tersebut diawali pada, Sabtu 25 Agustus 2023.

Selain pembagian bibit Kelor, ibu dari Balita yang terdampak stunting juga diberi pengetahuan tentang literasi yang berkaitan dengan gizi dari media digital yang banyak berkembang. 

Peserta yang jumlahnya 24 orang ibu beserta anaknya yang terdampak stunting juga diberi pelatihan olahan pangan yang menggunakan daun Kelor, sebagai pangan alternatif yang dapat meningkatkan massa tumbuh balita, berupa nugget, bakso dan tahu ceria. 

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan, bahkan sebagian ibu-ibu akan mengimplementasikan olahan nugget sebagai sumber pangan yang dijual secara komersil, sehingga menambah pendapatan keluarga. 

Kondisi balita yang terdampak stunting, cukup mengkhawatirkan di Sumatera Barat, namun dengan kolaborasi antara pihak Dinas Kesehatan, perguruan tinggi dan masyarakat, penurunan prevalensi stunting dapat terwujud. 

Jika saja pengetahuan orangtua balita mengenai gizi cukup baik, pastilah mereka tidak akan membiarkan anaknya menderita kekurangan gizi. Orangtua juga harus memiliki pengetahuan untuk mengolah pangan yang bergizi namun tidak harus mahal, dengan menambah tepung daun kelor dalam olahan pangan. Karena Kelor diketahui memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang tinggi, serta kaya akan antioksidan. 

Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat UNU Sumbar. (ist)

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim dosen yang diketuai oleh Dr. Zasmeli Suhaemi, dengan anggota Mayuasti, M.Pd, April Zahmi, M.Kom, Firdaus, SS. M.Si serta Sayendria Safaria, M.Kom mengharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam menanggulangi masalah stunting di Kota Padang. 

Pendampingan bagi ibu-ibu yang memiliki balita stunting, akan dilakukan sampai bulan November nantinya. Sehingga pengetahuan literasi tentang gizi dan pengetahuan mengolah pangan bergizi dengan menggunakan daun Kelor dapat meningkat. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies