Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Warga Simpang Tigo Gelar Upacara HUT RI di Museum Perang Sintuak

Sejumlah tokoh masyarakat Sintuak ikuti upacara HUT RI di Museum Perang Sintuak. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Euforia perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78, gaungnya dirasakan oleh masyarakat hingga ke pelosok di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. 

Sekelompok kecil masyarakat Korong Simpang Tigo, Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, dengan penuh khidmat melaksanakan upacara bendera. 

Upacara ini digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 di korong setempat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Suhatman Dt Angkai Marajo yang juga Kabid Ekraf Disparpora Padang Pariaman. 

Komandan Upacara Faris, pembawa acara Putri Rahmawati, dirijen Ade Novalia, dan sebagai penutup doa dipimpin oleh Rafi. Sementara, pembaca teks Proklamasi adalah Nayla, teks Pembukaan UUD 1945 oleh Vian. 

Sedangkan yang bertugas sebagai penggerek dan pengibar bendera merah putih yang tergabung dalam Paskibrakanya adalah Ica GC, Aira, Yusron, Angga, Mona, Siva, Amel dan Laura. 

Upacara dilaksanakan pada pukul 08:35 Wib, diikuti oleh puluhan warga gabungan dari tiga korong lainnya se Kenagarian Sintuak.

Ketua Bamus Nagari Sintuak Rifki Monrizal menyampaikan, sejak tahun 2019 upacara ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh warganya. 

Dia menyebut, upacara ini juga menjadi rangkaian kegiatan peringatan HUT RI bagi masyarakat setempat. 

Dia melaporkan bahwa sebetulnya upacara ini biasanya dilaksanakan di Tugu Juang Sintuak. Namun, karena ada suatu kendala, di samping itu dengan telah di bangunnya Museum Perang Sintuak, maka upacara dipusatkan di Museum tersebut. 

"Karena Museum Perang Sintuak merupakan simbol perjuangan masyarakat Sintoga," sebutnya melalui pesan pribadi via whatsapp ke media ini, kemarin Kamis (17/08). 

Sebelumnya, rangkaian kegiatan perayaan HUT RI juga dilaksanakan dengan berbagai lomba rakyat dan perlombaan untuk menggembirakan anak-anak di daerah setempat. (mh/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies