Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Laporan Kongres MITI KM, Pengurus Harus Mampu Memberikan Inovasi Oleh : Ria Puspita Fitri

Foto bersama peserta Kongres MITI KM. (ist)
   

Sigi24.com--Kongres merupakan suatu agenda tahunan pada setiap akhir periode kepengurusan yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM). 

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (online dan offline), Kamis – Minggu 09-12 Maret 2023, dengan tema “Great Leaders, Great Influencer : Optimalisasi Pembangunan Berkelanjutan di era 5.0 bersama Teknolog Muda untuk Indonesia Bangga”. 

Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah pengurus MITI KM periode 2021-2023.

Kongres bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang akan melanjutkan estafet kepengurusan periode selanjutnya, juga sebagai salah satu sarana untuk bertemunya pengurus MITI KM dalam mengkaji serta mengevaluasi secara bersama keberhasilan keberjalanan pengurus selama 1 periode. 

Pada hari pertama 09 Maret 2023, peserta mulai berdatangan dari berbagai wilayah ke MITI Center Depok. Kemudian dilanjutkan dengan briefing persiapan grand opening Kongres pada esok harinya. 

Pada hari kedua 10 Maret 2023 diawali dengan senam bersama seluruh panitia dan peserta. Semua yang hadir terlihat sangat antusias mengikuti senam bersama. Setelah senam kegiatan dilanjutkan dengan agenda bersih-bersih dan sarapan, kemudian dilanjutkan dengan agenda grand opening kegiatan Kongres dibuka oleh Azzam Mohammad Hafidz, S.E, Ketua Umum MITI KM periode 2021 – 2023. 

Selain itu juga ada sambutan dari Ketua Panitia yang diwaliki oleh Adinda Sahira, S.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi lomba karya tulis ilmiah yang dihadiri oleh empat orang grand finalis. 

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan agenda formal, Sidang Kongres 1 untuk pengesahan tata tertib sidang dan pemilihan pimpinan sidang tetap. 

Setelah Sidang Kongres 1 selesai dan disepakati oleh seluruh peserta sidang, kegiatan berlanjut pada Sidang Kongres 2 yang diawali dengan penyampaian LPJ pengurus periode 2012-2023, yang dalam hal ini disampaikan oleh Azzam Mohammad Hafidz, S.E, Ketua Umum MITI KM periode 2021 – 2023. 

Setelah penyampaian LPJ selesai, sidang dipending dikarenakan pada sore harinya, dilanjutkan dengan talkshow bersama sensei Dr. Edi Sukur, M.Eng, yang merupakan Sekretaris MITI Pusat. 

Dalam penyampaian materinya membahas tentang persiapan penting yang harus dimulai sejak dini dalam aspek finansial para pemuda. 

Kemudian pada malam harinya dilanjutkan Sidang Kongres 2 kembali dengan pembahasan sekaligus pemaparan hasil diskusi dari Komisi A, Komisi B, Komisi C. Kemudian dilanjutkan dengan pencalonan nama-nama calon Ketua Umum MITI-KM periode 2023-2025.

Pada hari ketiga, 11 Maret 2023, kegiatan kembali diawali oleh senam bersama dan games yang bertujuan untuk menjalin keakraban seluruh peserta Kongres, yang setelahnya peserta bersih-nersih dan sarapan sebelum kembali ke dalam forum. 

Pada pukul 08.00 WIB peserta berkumpul di ruangan utama Kongres, kemudian dilanjutkan dengan talkshow kedua yang disampaikan oleh pembicara Dr. Khoirul Anwar, M.Eng. yang merupakan penemu teknologi 4G LTE dan 5G. 

Saat ini, selaian meneliti profesi dia sebagai staf pengajar di Telkom University. Pada sesi ini Dr. Khoirul Anwar memberikan pengetahuan tentang perkembangan telekomunikasi. Sebagai pengurus MITI KM diharapkan dapat secara sadar mengetahui tentang perkembangan telekomunikasi secara nasional maupun internasional. 

Selain itu juga, pengurus MITI KM mampu memberikan inovasi dan ivensi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dr. Khoirul Anwar juga menjelaskan manfaat memahami ilmu pengetahuan di dunia adalah dengan cara memahami ilmu Al-Quran dan menghubungkan ilmu pengetahuan dengan ilmu Al-Quran, juga seorang ilmuan haruslah berani berinovasi dan sebagai seorang muslim hendaklah mengutamakan ilmu agama dan Al-Quran baru setelahnya ilmu khusus, akan tetapi dalam keseharian baiknya berjalan berdampingan dengan seimbang. 

Setelah talkshow kedua, peserta diarahkan untuk ishoma dan kembali lagi ke dalam forum pukul 13.00 dengan agenda talkshow ketiga bersama Bapak dan Ibu MITI PRO yang diisi oleh Suryandaru, S.T., M.T., Andrie Javs Valentino, M.Sc TIP, dan Riska Ayu Purnamasari, Ph.D. 

Pada sesi ini pemateri menyampaikan mengapa memilih MITI, perkenalan nano teknologi yang memberi dampak bagi kehidupan, para peserta diarahkan untuk menjadi generasi pemuda yang passionate di bidangnya, dengan memulai secara bertahap dalam mengembangkan sesuatu untuk target di masa depan. Pesan yang disampaikan kepada para peserta untuk gigih, konsisten dan jangan pernah berhenti mencoba.

Kemudian di sore harinya setelah istirahat sholat Ashar, kembali dilanjutkan agenda talkshow keempat sekaligus terakhir dengan mengundang pembicara Dr. Warsito P. Taruno, dan Dr. Mahfudz Al Huda, M.Eng. 

Pada sesi ini pemateri menyampaikan materi mengenai MITI Pusat, dimana tahun 2030 visi misi dari MITI adalah “untuk ummat madani”. Mengantar dan mengambil peran penting dalam transformasi ummat menuju masyarakat madani, namun untuk mewujudkan masyarakat madani maka masyarakat tersebut harus berpendidikan. 

Oleh karenanya level pendidikan harus ditingkatkan. Kemudian pada malam harinya dilanjutkan dengan penyampaian visi misi calon Ketua Umum MITI KM periode 2023-2025, serah terima jabatan, dan orasi Ketua Umum terpilih MITI KM periode 2023-2025 dan wisuda pengurus. Setelahnya dilanjutkan dengan penutupan kegiatan Kongres oleh MITI Pro.

Pada hari terakhir 12 Maret 2023, kegiatan dilanjutkan dengan fieldtrip seluruh peserta Kongres. Rute fieldtrip pada agenda kali ini mengunjungi tempat ikonik yang berada di DKI Jakarta, kegiatan fieldtrip selesai pada sore hari dan peserta diperbolehkan untuk kembali ke daerah masing-masing. (***)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies