Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bangkitkan Potensi Anak Muda, Komunitas Literasi Lentera Muda Berkarya Dilaunching

Foto bersama Komunitas Literasi Lentera Muda Berkarya dengan Sastry Bakri, Ketua DPD SatuPena Sumbar. (ist)

Batusangkar, Sigi24.com--Komunitas Literasi Lentera Muda Berkarya dilaunching oleh Wahidah Fitriani, dosen UIN Muhammad Yunus, Batusangkar yang juga Penasihat Komunitas Lentera Muda Berkarya siang tadi di Hall Serba Guna Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. 

Komunitas ini didirikan oleh Renaldi Ilham dan kawan-kawan, dimaksudkan untuk mendorong dan memberi ruang anak muda menunjukkan potensi dan eksistensi dirinya. 

Acara launching dilanjutkan dengan seminar internasional meningkatkan kualitas literasi digital di era revolusi industri 5. 0. 

Sastri Bakry, narasumber utama seminar, menjelaskan bahwa era 5.0 konsep yang memungkinkan umat manusia menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi modern, seperti Artificial Intelligence dan robot untuk memenuhi kebutuhan dan mempermudah kehidupan manusia. 

Karena itu, katanya, manusia harus cerdas dengan meningkatkan kemampuan literasi agar tidak terjebak hoax dan diperbudak teknologi, sehingga hubungan kemanusian menjadi rusak. 

"Empat prinsip etis bermedia digital mesti dipegang, yakni kesadaran menulis, tanggung jawab, integritas, dan kebajikan (edukasi). Kesadaran itu berarti menyediakan waktu untuk berpikir sejenak sebelum berinteraksi di ruang digital," ujar Sastri Bakry.

Seminar yang dipimpin moderator Renaldi Ilham, founder Lentera Muda Berkarya berakhir hangat. Para peserta yang terdiri utusan mahasiswa UIN Muhammad Yunus, dari berbagai daerah di Sumbar dan negara (Kamboja dan Thailand Selatan) ini sangat antusias mendiskusikan tentang literasi digital. 

Turut hadir anggota Satu Pena Sumbar Mindasari, Rina Hastuti dan Metria Elisa. (rls)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies