Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Walinagari Sikabu Lubuk Alung Pengganti Antar Waktu Dilantik

Lubuk Alung, Sigi24.com--Pelantikan Jasriman sebagai Walinagari antar waktu Nagari Sikabu Lubuk Alung dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di halaman Kantor Walinagari setempat, pada Rabu (15/12).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Camat Lubuk Alung Zarmiati. Serah terima jabatan dari Pj. Walinagari Nurbibah kepada Walinagari Jasriman. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati Padang Pariaman no. 556/Kep/BPP-2021 tentang pengesahan pemberhentian Penjabat walinagari dan pengangkatan antar waktu Sikabu Lubuk Alung.

Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada Walinagari Jasriman dan terima kasih kepada Penjabat Walinagari Nurbibah yang telah melaksanakannya dengan baik. "Semoga dengan dilantiknya walinagari yang defenitif, tata kelola pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan, dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan kita bersama," katanya.

Bupati Suhatri Bur mengatakan, bahwa Nagari Sikabu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan secara pribadi. Karena masyarakatnya cukup terbuka dalam menyikapi perubahan dan mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan. Buktinya, telah dibangun stadion bertaraf internasional dan pengembangan beberapa kawasan wisata.

Bahkan dengan kemampuan seni yang dimiliki, sanggar kesenian Anak Nagari Sikabu pernah bisa di Grand Sahid Jaya Jakarta beberapa waktu lalu.

"Tugas utama yang harus dilakukan walinagari secepatnya adalah, menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Kemudian, merangkul seluruh elemen masyarakat yang ada, agar pembangunan yang dilaksanakan bukan atas keinginan walinagari, tetapi atas usulan dari seluruh elemen masyarakat dan merupakan kebutuhan nagari," ujarnya.

Bupati mengingatkan, bahwa walinagari sangat berpotensi tersangkut kasus hukum. Karena, bertanggungjawab penuh atas pelaksanaan pembangunan di wilayahnya dan penggunaan anggaran yang tersedia. Untuk itu, diharapkan walinagari bekerja dengan baik sesuai dengan regulasi yang ada dan bersikap transparan dalam pengelolaan keuangan nagari.

Disamping itu, dia meminta kepada walinagari dan tokoh masyarakat Sikabu Lubuk Alung yang tergabung dalam tungku tigo sajarangan, untuk membantu menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Padang Pariaman. "Karena sampai saat ini, Daerah kita masih di posisi paling bawah dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat. 

"Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dan partisipasi dari dunsanak untuk mengajak keluarganya agar ikut vaksin bagi yang belum. Tolong disampaikan, bahwa vaksin itu tidak berbahaya, sehat dan halal, karena sudah dijamin oleh BPOM dan MUI. Semoga dengan kerjasama dan kesadaran dari lubuk hati, menjelang akhir tahun ini target vaksinasi bisa mencapai 80 %, dan Padang Pariaman kembali ke level satu dan masyarakat bisa beraktivitas lagi seperti biasa," tutupnya.

Sebelumnya, beberapa tokoh masyarakat didaulat untuk memberikan sambutan dan berdiri bersama di atas panggung. Menandakan mereka yang terdiri dari tunggu tigo sajarangan, se iya se kata dalam mengambil sebuah keputusan di nagari.

Menurut Duski Samad, Nagari Sikabu Lubuk Alung sudah berdiri sejak tahun 2011. Walaupun didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah kalau tidak ada semangat membangun dari seluruh lapisan masyarakat, kesejahteraan yang ingin dicapai akan sulit terwujud. 

"Apa yang ingin dicapai, disepakati melalui musyawarah dan dituangkan dalam bentuk peraturan Nagari. Agar pembangunan yang dilaksanakan memiliki regulasi dan dasar hukum, sehingga pekerjaan itu dapat dipertanggung jawabkan dan dibangun secara berkelanjutan," ujar Duski Samad.

Senada dengan itu, mewakili niniak mamak Bachtiar Sultan Datuak Panyalai menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Bupati Padang Pariaman dan rombongan. Dia merasakan selaku tokoh masyarakat, bahwa perhatian yang diberikan oleh Bupati Suhatri Bur selama ini sangat istimewa dan melebihi dari nagari lain. (prokopim)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies