Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sering Longsor, Tepi Sungai Batang Mangoi Mengancam Pemukiman Warga Lubuk Alia

Kondisi tebing Sungai Batang Mangoi di Lubuk Alia. (ist)

PADANG PARIAMAN, Sigi24.com--Akibat cuaca Exstrim diiringi hujan lebat yang tak henti-hentinya mengakibatkan tebing aliran Sungai Batang Mangoi sering mengalami longsor, seperti yang terjadi di Dusun Lubuk Alia, Korong Toboh Sikumbang, Nagari Balah Aie, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman, hal tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga setempat, Rabu (22/5/24).

Salah seorang warga Dusun Lubuk Alia yang bernama Adiak saat ditemui menjelaskan, bahwa kejadian longsor tebing Sungai Batang Mangoi ini telah membuat warga semakin khawatir dan cemas karena tepi tebing sungai sudak dekat dengan rumah mereka, dan sewaktu-waktu dapat mengancam pemukiman warga

"Dalam waktu hitungan bulan rumah orang tua saya semakin hari semakin bertambah dekat dengan tepi tebing sungai, hanya tinggal 5-10 meter dari tepi tebing," kata Adiak.

Sejumlah warga setempat juga mengungkapkan kecemasan mereka terhadap potensi bahaya, yang dapat ditimbulkan oleh longsoran ini, terutama bagi keselamatan mereka dan infrastruktur pemukiman yang berdekatan. 

Kemudian warga juga berharap kepada pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota serta lembaga terkait untuk segera bertidak memperbaiki tebing Sungai Batang Mangoi yang berada di Dusun Lubuk Alia, Korong Toboh Sikumbang, Balah Aie.

Sementara itu kepala kaum Suku Piliang Lubuk Alia, Asril Dt Sinaro juga menyampaikan bahwa kejadian longsor tebing sungai ini sudah sering terjadi.

"Apabila hujan deras aliran Sungai Batang Mangoi meluap dan tebing sungai sudah dipastikan longsor," ujar Datuak Sinaro.

"Dan kami merasa sangat khawatir dengan situasi seperti ini. Setiap hujan lebat, kami merasa semakin takut akan terjadi longsor tebing sungai, yang nantinya dapat membahayakan nyawa dan rumah-rumah dunsanak kemanakan kami". 

"Sebelum terlambat, kami sangat berharap perhatian dari pemerintah khususnya Pemkab Padang Pariaman dan lembaga terkait untuk dapat memperbaiki tebing aliran Sungai Batang Mangoi yang berada di Dusun Lubuk Alia, Toboh Sikumbang,” tutupnya. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies