Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

RTS dan Paradigma Solusi Cepat dan Tepat Oleh : Nofri Andy N

Menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara mudah dan tidak pula sesuatu yang rumit, namun diperlukan proses dan penempaan diri sehingga mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi dan keluar dengan memetik manfaat yang dapat dirasakan oleh oleh khalayak ramai (masyarakat).

Pemimpin yang berkarakter tidak hanya menghabiskan waktu dengan ritual-ritual harian, bulanan, bahkan tahunan, namun harus memiliki konsep dan gagasan besar agar kapal besar yang dinahkodai tidak terombang ambing dihantam badai. Penguasaan terhadap peta masalah menjadi hal krusial dalam merumuskan kebijakan sehingga tindakan yang diambil tidak bersifat parsial dan penyakit dapat disembuhkan secara permanen. Memahami akar masalah dan melakukan riset pendahuluan adalah sesuatu yang penting dilakukan agar persoalan yang ditangani tidak muncul kembali, seperti persoalan banjir, bencana longsor, defisit anggaran dan sebagainya.

Menurut Rahmat Tuanku Sulaiman atau populer dengan RTS, defisit anggaran bukan alasan untuk berpangku tangan karena disinilah kepiawaian seorang pemimpin diuji dalam menjalin komunikasi dengan pihak pusat maupun stakeholder terkait dalam rangka membangun infrastruktur yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Paradigma solusi cepat dan tepat merupakan kemampuan pemimpin untuk melakukan eksekusi dengan cepat dan tepat agar memperoleh hasil yang efektif. Dalam situasi sulit dan urgen dibutuhkan pemimpin yang tidak mudah ragu dan lamban dalam mengambil keputusan agar kondisi yang dihadapi tetap stabil dan masalah dapat ditangani dengan segera.

Paradigma solusi cepat dan tepat yang merupakan ciri khas RTS menjadi trend kepemimpinan yang dibutuhkan dewasa ini karena masalah yang muncul datang silih berganti maka perlu keberanian dalam memutuskan suatu hal dalam hitungan menit bahkan detik dengan pertimbangan yang matang serta penguasaan yang komprehensif terkait masalah yang dihadapi. Keterampilan ini seringkali dijumpai dalam pribadi yang berkecimpung dalam berbagai aktifitas sosial, keagamaan dan masyarakat. Rasa tanggung jawab dan peduli kepada masyarakat akan semakin menguat ketika melihat beban yang ditanggung oleh mereka semakin berkurang.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam pengambilan sebuah keputusan adalah tahapan evaluasi. Proses ini merupakan tanggung jawab pemimpin terhadap apa yang telah dikerjakan selama amanah diberikan oleh orang banyak. Keberhasilan seorang pemimpin dapat dilihat dari aspek nilai dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sehingga populer gelar seperti bapak pembangunan, bapak reformasi, bapak koperasi, dan sebagainya. Sebagai pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban perlu direnungi hadis Rasulullah: “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan diminta pertanggungjawabnya atas apa yang dipimpinnya“ (HR. al-Bukhari dan Muslim).


*Direktur Minka Institute

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies