Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

68 Santri Bustanul Yaqin Ikuti Ujian Munaqasyah

Para santri Bustanul Yaqin Pungguang Kasiak Lubuk Alung ikuti ujian Munaqasyah. (tata handika)

PADANG PARIAMAN, Sigi24.com--Ahad (26/05/2024), digelar ujian Munaqasyah santri Ponpes Bustanul Yaqin, Pungguang Kasiak Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman tingkat Wusta dan Ulya. Peserta terdiri dari 86 santri.

Ujian dibagi dalam enam kelompok dengan dewan penguji sebanyak 6 orang dari guru Ponpes Bustanul Yaqin. Ujian berlangsung dari pukul 07.30-15.00 WIB.

Pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Buya Dr. H. Zainal, Tk.Mudo membuka secara resmi sidang Munaqasyah.

Buya menjelaskan, Munaqosah diikuti oleh semua santri berupa ujian lisan dengan materi Hifzul Quran 1 Juz (Wusta) -2 Juz ('Ulya).

Di hadapan penguji, masing-masing santri membaca kitab Fathul Qarib Al Mujib untuk tingkat Madrasah Aliyah dan Matan Taqrib untuk tingkat Tsanawiyah. Satu per satu santri diuji mulai dari pelajaran nahwu, shorof, serta Al-Qur’an tajwid.

“Pelajaran inti yang diuji yakni Al Qur’an dan penguasaan kitab kuning meliputi fiqh, ilmu nahwu, dan shorof,” sambungnya.

Menurutnya, ujian Munaqasyah tersebut berberfungsi sebagai media evaluasi kualitas santri.

Imtihan Munaqosyah ini merupakan sarana pembuktian bagi santri. Selama di pondok, para santri melaksanakan imtihan ini hanya dua kali yakni pada tingkat Tsanawiyah dan tingkat Aliyah.

"Mayoritas santri belajar dengan sungguh-sungguh, karena menurutnya Munaqosyah ini merupakan ajang pembuktian mereka,” pungkasnya. (th/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies