Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemkab Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Kesadaran Peningkatan PBB

Foto bersama usai sosialisasi kesadaran masyarakat membayar PBB. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--- Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menggelar sosialisasi massal PBB untuk beberapa wilayah di Kabupaten Padang Pariaman.

Sosialisasi berlangsung di Hall IKK Padang Pariaman di Parit Malintang, Selasa (30/04) dan menyasar pada Kecamatan Nan Sabaris, Ulakan Tapakis, dan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. 

Kepala BPKD Padang Pariaman Taslim Leter, dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas basis data Sistem Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (SIG-PBB) yang akurat dan berkualitas sesuai dengan kondisi lapangan objek dan subjek pajak terkini. 

"Karena data tersebut merupakan modal dasar yang sangat penting, maka data tersebut harus selalu dipelihara atau dimutakhirkan secara periodik sesuai dengan kondisi terkini, karena keuangan data merupakan hal yang dapat menghambat kelancaran penerimaan pendapatan dari sektor PBB-P2," terangnya.

Lebih lanjut, Taslim Leter mengatakan, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para koordinator dan kolektor kecamatan maupun walinagari bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB. Kemudian diadministrasikan secara baik dalam sebuah sistem basis data.

"Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terus berupaya memperdayakan diri dalam penyediaan sarana dan prasarana serta diiringi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak baik secara sistem pelayanan maupun administrasi," ungkapnya. 

Disamping itu ia juga menyampaikan, PBB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang penting bagi Kabupaten Padang Pariaman. PBB digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan di daerah, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. 

Menurutnya, dengan membayar PBB, berarti masyarakat telah turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

"Kita berharap kepada walinagari dan walikorong di bawah koordinasi Camat untuk terus meningkatkan peran dan proporsi penerimaan sektor pajak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di nagari," katanya.

Diketahui kegiatan yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini, diikuti oleh walinagari dan walikorong di Kecamatan Nan Sabaris, Ulakan Tapakis, dan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dengan mendatangkan narasumber dari PT. Geomosaic Indonesia Andi Dediono. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies