Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Panwascam Sintuak Toboh Gadang Gelar Bimtek PTPS Lanjutan

Bimtek PTPS Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sintuak Toboh Gadang laksanakan bimbingan teknis lanjutan kepada 61 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2024 yang bertempat di Rumah Desa Sehat/Gesschool, Tembok Nagari Sintuak.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022. Setelah melantik PTPS terpilih se-Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Panwascam Sintuak Toboh Gadang resmi melakukan bimbingan teknis lanjutan kepada 61 orang PTPS terpilih untuk Pemilu 2024.

Pelantikan yang dihadiri oleh Panwascam Sintuak Toboh Gadang yaitu Ketua SDMO dan Datin, Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Sintuak Toboh Gadang dan 61 orang PTPS yang telah di lantik.

Ketua Panwascam Sintuak Toboh Gadang Gifriantoni menyampaikan, bahwa hari ini kami melakukan bimbingan teknis kepada seluruh PTPS yang telah di lantik sebanyak 61 orang Se-Kecamatan Sintuak Toboh Gadang. Kami meminta kepada seluruh PTPS yang melakukan bimbingan teknis untuk mengikutinya secara serius. Agar nantinya ketika terjun kelapangan untuk mengawasi seluruh tahapan mulai dari pemungutan sampai penghitungan suara di TPS dapat dimaksimalkan.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Gusniati menyampaikan bahwa bimbingan teknis untuk kedua kalinya kami lakukan ini fokus kepada pengawasan PTPS terkait pemungutan dan penghitungan suara. Pemaparan materi mulai dari pengawasan pendistribusian C. Pemberitahuan, Pengawasan pada saat masa tenang, persiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sampai pengembalian kotak suara dari TPS ke gudang logistik di Kantor Camat. Dan juga optimalisasi pencegatan selama melakukan pengawasan di lapangan.

"Kami juga memberikan pemahaman terkait bagaimana PTPS ini mampu membuat laporan dalam bentuk alat kerja yang di aplikasi SIWASLU dan form A pengawasan. Selama proses bimbingan teknis berlangsung seluruh PTPS sangat antusias untuk mengetahui terkait pengawasan di tingkat TPS. Semoga seluruh PTPS dapat memaksimalkan waktu yang tersisa sampai hari penghitungan dan pemungutan suara untuk memahami tugasnya. Setelah bimbingan teknis ini, kami juga melibatkan PKD untuk melakukan pembinaan secara maraton di Sekretariat per-Nagari untuk mengoptimalkan pemahaman PTPS dalam pengawasan nantinya".

Saiful Hendra selaku Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menyampaikan bahwa dengan adanya bimbingan teknis untuk kedua kalinya ini diharapkan kepada seluruh PTPS paham akan tindak pidana pemilu selama proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing. Sehingga dapat meminimalisir potensi pelanggaran yang terjadi selama pengawasan yang dilakukan. Untuk infomasi lebih lengkapnya terkait pengawasan Pemilu 2024 di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang dapat di akses media sosial Panwascam Sintuak Toboh Gadang, IG @panwascam_sintoga, FB @Panwaslusintoga, Email @panwascamsintoga2024@gmail com". Tutupnya. (yh/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies