Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Inspektorat Audit Dana BOS SD dan SMP

Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara melakukan audit dana BOS SD dan SMP. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman telah memulai audit Dana Bantuan Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2023 ke SD dan SMP se-Padang Pariaman. 

Hal tersebut disampaikan Inspektur Hendra Aswrara saat melakukan entry brifing di SD 02 Kayu Tanam, Selasa (16/1). Turut hadir Kepala SMP 1 dan SMP 2 Kayu Tanam.

Sebelumnya, kata Hendra, ia telah mengirim surat kepada seluruh SD dan SMP dan ditembuskan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Inspektorat mulai audit BOS pada minggu ketiga Januari ini. Tim auditor akan langsung mendatangi sekolah," ujar Hendra. 

Tim Auditor, tambah Hendra, dibagi menjadi dua tim yang akan berkantor di sekolah-sekolah selama pemeriksaan berlangsung. 

"Kita minta kerja sama Kepala Sekolah untuk menyiapkan dan serahkan dokumen yang minta auditor. Seperti RKAS, SPJ, Rekening koran, perjalanan dinas, buku pajak," kata mantan Kepala DPMPTP itu. 

Hendra berharap tidak ada lagi temuan yang berulang seperti tahun sebelumya. Contohnya, ketermbatan bayar pajak, administrasi belum lengkap dan aset yang belum tertib.

"Apabila ada temuan kelebihan bayar, diminta setor ke kas daerah dan kesalahan administrasi untuk dilengkapi," kata Hendra. 

Diketahui pada November-Desember 2023 yang lalu, Inspektorat telah melakukan pembinaan pengelolaan BOS kepada 520 SD dan 60 SMP. Tujuannya untuk pendampingan dan konsultasi pada pemgelola BOS untuk lebih akuntabel dan transparan. Sebagai tindak lanjut, maka awal tahun ini Inspektorat melakukan audit BOS untuk menjamin kualitas tata kelola BOS di Padang Pariaman. (rls/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies