Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hadiri Maulid Nabi di Paninjauan Tinggi, Rosman Membuat Caleg Lain Terkesima

Rosman hadir peringatan maulid di Paninjauan Tinggi, Pilubang, Sungai Limau. (ad)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Meski sudah masuk bulan Rajab, tak mengurangi semangat masyarakat Paninjauan Tinggi, Korong Pinjauan, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau untuk melakukan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Ahad, 21 Januari 2024 masyarakat menggelar kegiatan keagamaan yang dibungkus dalam tradisi di tengah masyarakat tersebut.

Diadakan sejak Sabtu malam, menghadirkan "orang siak pandai dikie". Semalaman dan berlanjut dengan Ahad siang hingga petang. Maulid badikie dinamakan.

Kegiatan itu diadakan di Mushalla Nurul Hidayah. Seperti biasa, peringatan maulid di samping semarak beragama, juga ajang silaturahmi, sekaligus membangun rumah ibadah.

Makanya, siang Ahad itu juga sekalian diadakan acara "badoncek". Fastabikul khairat. Berlomba-lomba dalam kebaikan.

Seluruh tamu undangan yang datang ke surau sejak malam hingga siang Ahad itu menyumbang, dan sumbangan masyarakat di bunyikan secara terbuka di hadapan banyak orang.

Sejumlah Caleg dan tokoh masyarakat hadir dalam momen kegiatan setahun sekali itu. Termasuk juga para perantau kampung itu ikut hadir memeriahkan maulid itu.

Setiap rumah di kampung itu pun berlomba-lomba dalam kebaikan. Menanak nasi, membuat lamang untuk dibagikan di surau.

Pokoknya semua tamu undangan, orang siak pandai dikie, harus menikmati jamuan masyarakat, serta membawa lamang pulangnya dari surau.

Sedekah dan sumbangan masyarakat, oleh panitia diganti dengan lamang dan nasi bungkus.

Dari Caleg DPRD Sumbar tampak hadir Bagindo Rosman Palito Rajo Endah (PAN), Zuardi MS Datuak Rajo Bijayo (PKB), Lukman Syam (PBB).

Sementara, Ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah yang juga Caleg kabupaten di Dapil itu hadir bersamaan dengan sejumlah Caleg kabupaten lainnya.

Rio Eka Putra, salah seorang Tim Pemenangan Rosman menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Paninjauan Tinggi yang sudah mengundang Caleg nomor urut empat ini dalam acara yang mulia ini.

"Bagi Rosman, Pilubang ini adalah kampung istrinya. Artinya, kehadiran Rosman bukan sekedar undangan biasa. Tetapi sumando di kampung ini," ulas Rio.

Rio Eka Putra di dampingi mantan Walinagari Pilubang Khaidir menilai, dukungan dari masyarakat nagari ini pada Rosman cukup beralasan.

Hubungan ipar besan, andan pasumandan, rang sumando dengan mamak rumah, serta hubungan karib kerabat.

Apalagi orang tua Rosman, Ketua Fraksi PAN DPRD Padang Pariaman ini lahir di Sungai Geringging dan merantau ke Katapiang.

Dan bagi masyarakat Pinjauan, Rosman sudah tidak asing lagi. Tempak dalam acara badoncek di surau itu, terjadi kejutan.

Kejutan bagi Caleg, tentu keuntungan bagi panitia. Rosman yang agak terlambat tiba di surau, tapi ketika memberikan sumbangan dia yang nomor satu di antara para Caleg tersebut.

Mendengar nama Rosman, Caleg DPRD Sumbar dari PAN nomor urut empat disebutkan oleh panitia, para Caleg lain pun mendatangi panitia sambil menyerahkan sumbangan, dan minta namanya disebut pula dalam menyumbang di surau itu.

Tanda ada hubungan tertentu Rosman yang tiga periode di DPRD Padang Pariaman ini dengan masyarakat Sungai Limau, alek baik dan buruk sejak dulunya Rosman selalu hadir.

Khaidir, mantan Walinagari Pilubang langsung mengkoordinatori pemenangan Rosman di Pilubang, Sungai Limau ini.

Rio Eka Putra menargetkan untuk Kecamatan Sungai Limau ini 1.000 lebih suara nantinya.

"Lewat tim yang solid, hubungan karib kerabat yang matang, anak nagari yang kokoh, rasanya target suara sebanyak itu tak muluk-muluk," katanya. (ad/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies