Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Rang Sikumbang Bersatu, Ini Ceritanya

Foto bersama usai diskusi di podcast Padang Pariaman bicara. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Perkumpulan Rang Sikumbang Bersatu. Nama organisasi yang sudah terdaftar di Kemenkumham RI.

Jumat, 22 September 2023, Podcast Padang Pariaman bicara menggelar diskusi, "Konsolidasi Rang Sikumbang Bersatu".

Langsung dengan Ketua dan Pengawas organisasi ini, Armaini Datuak Muncak dan AKBP (Purn) Maymuspi.

Pembahasan yang menarik dan menukik, setidaknya ini pencerahan, sekaligus memberikan sesuatu pada anak negeri, tentang arti sebuah suku dalam hidup bermasyarakat.

Perkumpulan ini berawal dari hal yang sangat sederhana sekali. Percakapan lewat pesan di dunia maya yang berkembang menjadi grup.

"Lalu punya keinginan untuk memformalkan organisasi, dengan berbadan hukum," ulas Armaini Datuak Muncak.

Katanya lagi, organisasi ini sudah sekian kali berganti dan berubah nama. Termasuk juga revisi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dan revisi lambang organisasi.

"Yang jelas, tujuan dan motto perkumpulan ini, "mangamehan nan taicia, mangumpuan nan taserak". Memberikan pemahaman akan arti sebuah berdunsanak," kata mantan Kepala SMPN 1 Lubuk Alung ini.

Soal alek baik dan buruk di kalangan anggota, katanya, adalah yang utama. Bagi yang jauh di luar sana, cukup berkabar di grup yang ada, dan pengurus akan menjabarkan, serta menggalang kekuatan uang, bagi kegiatan yang membutuhkan uang.

Maymuspi yang familiar dengan sebutan Efi Karuik menambahkan, bahwa Suku Sikumbang ini pada dasarnya satu.

"Ya, satu keturunan, sehingga ketika ada perkawinan Sikumbang sama Sikumbang ini, menjadi pantangan dan dinilai melanggar nilai sakral dari suku itu sendiri," kata dia.

Hampir di semua tempat, ketika bersua kasus ini, kaum Sikumbang menjatuhkan sanksi tersendiri.

"Ada yang dibuang sepanjang adat. Atau disuruh pergi meninggalkan kampung, dan boleh balik ke kampung, ketika sudah berpisah," sebutnya.

Sikumbang, terbilang suku hebat dan besar di Piaman ini. Banyak generasi suku ini menjadi tokoh hebat, jadi bupati, walikota, pejabat, pengusaha dan strata sosial lainnya.

"Secara organisasi dan perkumpulan, kita memberikan apresiasi pada anggota yang ikut bersaing dalam pemilu tahun depan," kata Armaini Datuak Muncak.

Baik maju menjadi Caleg maupun ikut Pilkada dan Pilpres. "Rang Sikumbang Bersatu itu hanya satu orang yang maju ke DPRD Sumbar," katanya.

Tetapi, yang bersuku Sikumbang tentu banyak yang maju. Sebab, belum semua yang bersuku Sikumbang itu bergabung dalam organisasi ini. (ad/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies