Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Main Layang-layang Sudah Jadi Tradisi Warga Kasang

Main Layang-layang di Kasang, Padang Pariaman. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--- Bermain layang-layang sudah menjadi tradisi turun temurun bagi warga Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Tradisi tersebut dilakoni oleh warga setempat dari berbagai usia. 

Apabila musim panen padi tiba atau untuk memperingati momen-momen tertentu, layangan menjadi permainan yang sangat ditunggu. Demikian juga untuk memeriahkan peringatan HUT RI Ke 78 Tahun 2023 ini, dimana layangan yang mampu bertahan paling lama di udara, dialah yang jadi pemenangnya. 

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengaku bangga atas digelarnya perlombaan ini, karena kegiatan ini menunjukan bahwa masyarakat masih sangat memelihara dan melestarikan tradisi. 

"Atas nama Pemerintah Daerah saya mengapresiasi digelarnya perlombaan ini. Selain sebagai ajang silaturahmi, perlombaan semacam ini dapat menjadi ajang rekreasi dan wisata dadakan bagi masyarakat dan pecinta layangan khususnya," sebut Suhatri Bur saat membuka perlombaan secara resmi kemarin, Sabtu (12/08) di Kasang, Kecamatan Batang Anai. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Perlombaan Anton melaporkan, sekitar 500 buah layang-layang dari berbagai tipe, mengudara di langit Kasang. Hal ini dapat memberikan warna nilai estetika bagi penonton dan masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan perlombaan.

"Ada 11 club yang ikut berpartisipasi, dan lomba ini sampai senin besok, siapa layangannya yang bertahan sampai senin itu dia lah jadi pemenangnya," ujarnya melaporkan. 

Ikut hadir bersama Bupati Suhatri Bur, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Erman, Kepala Dinas Kesehatan dr Aspinuddin, Camat Batang Anaï Zulbasri.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies