Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hadirnya Pejabat sebagai Respon Terhadap Berbagai Persoalan Masyarakat

Sumarni. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis menceritakan penyelesaian kebutuhan salah satu keluarga di Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau. Keluarga Rasip bersama istri dan dua anaknya hidup sederhana dan harmonis, memiliki rumah yang jauh dari pemukiman warga lainya.

"Tapi bukan berarti rumah mereka berada di wilayah yang terisolasi, karena daerah tersebut lahan pertanian ladang dan sawahnya," sebutnya menceritakan dalam Rapat Koordinasi Forum Camat Kabupaten Padang Pariaman beberapa hari yang lalu, di Kantor Camat Batang Anai. 

Lebih lanjut Sekda Rudy menuturkan, mereka itu membangun rumah di atas tanah sendiri yang menjadi sumber perekonomian mereka dalam melangsungkan kehidupan. Sebelumnya, memang belum dialiri listrik, namun tidak cukup satu bulan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah mewujudkan harapan Rasip dan keluarga. 

"Saat kunjungan Pemda bulan lalu itu, bupati langsung memberikan instruksi, dipimpin Asisten II Pemkab Padang Pariaman menggandeng PLN, sehingga hari ini rumah mereka sudah dialiri listrik," tutur Rudy.

Kemudian Rudy menyampaikan pesan Bupati Padang Pariaman bahwa hadirnya pejabat dan responsif menyikapi berbagai persoalan masyarakat merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mengatasi kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakatnya. Harapnya kepala perangkat daerah dapat menjadi penolong pertama bagi masyarakat di daerahnya yang membutuhkan pertolongan 

"Secara insidentil pejabat daerah itu harus hadir menjadi solusi dalam menyikapi kesenjangan sosial yang terjadi," ulasnya lagi.

Pasalnya, kata Rudy, tidak semua masalah masyarakat itu bisa diselesaikan secara cepat dengan jalur birokrasi, apalagi permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya. Namun tetap harus menyampaikan laporan kepada pimpinan untuk penanganan secara adaptif dan berkelanjutan.

"Disamping anggaran OPD, kita punya Baznas, dengan program Padang Pariaman peduli nya, Pemkab Padang Pariaman bergerak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya. 

Sementara itu, saat dihubungi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumarni menerangkan hal senada. 

Katanya, penanganan masalah dan permintaan keluarga Rasip untuk difasilitasi merupakan instruksi langsung Bupati Padang Pariaman. Rasip sudah diusulkan dalam Data Terpadu Kepedulian Sosial (DTKS).

"Bupati sangat berkeinginan pemerintah daerah harus selalu hadir untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan masyarakat. Alhamdulillah, bahkan Rasip sudah diusulkan sebagai keluarga penerima manfaat bantuan pemerintah melalui data DTKS," ungkap Sumarni singkat, pada Senin (08/05) di kantornya di Pariaman. (rls)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies