Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sumarak Alek Nagari Harus Tiap Tahun

Foto bersama Sekda Padang Pariaman Rudy dengan peserta Sumarak Alek Nagari. (ist)

Padang Pariaman, Sigi24.com--Kegiatan Sumarak Alek Nagari merupakan ajang kreasi bagi anak nagari. Melalui kegiatan tersebut diupayakan generasi muda akan mengenal dan mencintai seni budaya tradisi yang merupakan warisan leluhur.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rudy R. Rilis saat membuka kegiatan Sumarak Alek Nagari di Los Pasar Basung, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kamis (27/04).

Selain itu, Rudy R. Rilis juga memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana karena dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan peluang dan kesempatan kepada para pelaku randai di Kabupaten Pariaman.

"Saya sangat apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan memberdayakan sanggar yang ada di Kabupaten Padang Pariaman   sehingga para pelaku seni dapat berkreasi sesuai dengan minat dan bakatnya dengan tetap menjaga keaslian dari seni itu sendiri," ungkapnya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dapat melestarikan, mengembangkan serta memberikan ruang apresiasi kepada penyanyi lagu Pop Minang dan pelaku tari indang terkhusus para pelaku seni yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mampu melahirkan pelaku seni yang lebih kreatif  lagi, agar kebudayaan yang sudah ada sejak dahulunya bisa terus kita lestarikan dan tidak tergerus oleh Zaman," harapnya mengakhiri.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Aprinaldi berharap event festival kebudayaan ini menjadi event tahunan kabupaten  Padang Pariaman.

"Kita gagas event ini agar menjadi kiblat dalam festival budaya di Padang Pariaman dan semoga even ini menjadi agenda Budaya tahunan di Padang Pariaman," ungkap Aprinaldi yang juga merupakan putra asli Kampung Dalam ini.

Di kesempatan yang sama, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ade Novalia menjelaskan, kegiatan Sumarak Alek Nagari ini berlangsung selama tiga hari.

Adapun yang menjadi perlombaan yakni, festival randai yang dilaksanakan pada hari ini, festival lagu pop Minang yang diselenggarakan pada 
28 April, dan pada tanggal 29 April diselenggarakan festival tari indang kreasi.

Kegiatan Sumarak Alek Nagari tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga M. Fadhly, Camat Firman Suheri,  Walinagari Sikucur Asrul Khairi, Walinagari Sikucur Tengah Edwarman, niniak mamak, perantau dan masyarakat sekitar. (rls)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies