Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sastrawan Bangladesh, Rusia dan India Bahas Literasi di IMLF

Sastrawan luar yang sudah tiba di Padang. (ist)

Padang, Sigi24.com--Sastrawan dari Bangladesh Aminur Rahman bakal membahas Bahasa dan Sastra di Era Digitalisasi, dan Prof. Dr. Victor Pogadaev dari Rusia tentang Terjemahan Sastra Indonesia ke Bahasa Rusia. Keduanya tampil sebagai keynote speaker diantara pembicara lainnya pada Seminar dan Diskusi Paralel, Jumat (24/2/2023) depan.

Demikian disampaikan Ketua DPD Satupena Sumbar Sastri Bakry, Rabu (22/2) di Padang. 

Menurut Sastri, tadi malam (Selasa, 21/2) selain Aminur Rahman dan Victor, juga bersamaan sampai DR. Reshma Ramesh B.D.S dari India yang akan menyampaikan topik Creativity through lens and literature, connectivity, experiences, challenge in Digital Era. 

“Sebelumnya, juga sudah berdatangan delegasi dari Brunei, Malaysia dan provinsi lainnya di Indonesia,” kata Sastri yang juga Ketua Pelaksana International Minangkabau Literacy Festival (IMLF).

Kedatangan Aminur Rahman, Victor dan Reshma Ramesh disambut Sekretaris IMLF Armaidi, Yulia Fitri bersama panitia lainnya di BIM dan hotel Basko. 

Dikatakan Armaidi, Rabu (22/2) ini delegasi lainnya akan terus berdatang untuk mengikuti pembukaan IMLF malam ini.

Dikatakan Armaidi, usai pembukaan, pada Kamis (23/2) delegasi menuju Padang Panjang, Bukittinggi dan di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, di Baso, Kabupaten Agam sebagai pusat kegiatan IMLF.  

Dikatakan Armaidi, berbagai kegiatan digelar, seperti Pameran Buku/Book Fair, diskusi buku, literasi usia dini, launching buku, jumpa penulis, gerakan menulis massal bersama Gol A Gong, ekonomi kreatif dan food fair, Pameran Literasi dan Kebudayaan (Pameran lukisan, pemutaran film, naskah kuno, dll.). 

Berbagai lomba seperti Baju Kuruang Basiba, Story Telling, Mewarnai Anak Nagari, Gema Asmaul Husna, Solo Song Minang, dan sebagainya.  

Pertunjukkan kesenian/panggung rakyat dan kebudayaan, tradisi dan kontemporer dari delegasi IMLF, termasuk penampilan kesenian dari anak Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Juga digelar demo memasak dan Workshop Kepenulisan. 

“Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengunjungi kegiatan IMLF. Kegiatan tersebut ada yang berbayar, juga lebih banyak yang gratis. Bahkan bazar buku termasuk langka diadakan di daerah ini. Karena itu, mari melalui IMLF ini kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan literasi dari berbagai pihak,” kata Armaidi menambahkan. (rls)

 .

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Hollywood Movies