Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Alek Gadang Peresmian DPP PPSKS Akan Digelar, Semangat Badunsanak Suku Koto tak Tebendung

Kurai Taji, Sigi24.com - Sejak muncul tahun 2021 lalu, organisasi masyarakat (Ormas) Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) terus bergerak untuk mengakomondir para dunsanak Suku Koto Minangkabau yang tersebar di pelosok Nusantara maupun di luar negeri. 

Sehingga kehadiran ormas PPSKS besutan mantan Wabup Padang Pariaman H. Damsuar Datuak Bandaro Putiah bersama anak muda milineal Suku Koto dengan dukungan penuh dari sesepuh niniak mamak, cerdik pandai, alim ulama serta bundo kanduangnya, kian bergelora dan penuh antusias untuk memperkokoh tali silaturrahmi rasa badunsanak Suku Koto, baik yang di ranah maupun di rantau. 

Apalagi ormas PPSKS yang telah punya pegangan pada naskah akte notaris dilengkapi Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), juga terdaftar di Kemenkumham serta telah memiliki NPWP sebagai persyaratan legalitas formil, maka menyebabkan para dunsanak Suku Koto bertambah semangat serta berpacu dengan waktu untuk membentuk dan mendirikan organisasi PPSKS di sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat. 

Bahkan, telah berdiri juga telah diresmikan pengukuhan beberapa pengurus PPSKS ini. Seperti Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPSKS Provinsi Sumatera Utara, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Dumai, Provinsi Riau. Sehingga bulan Maret 2022 depan, akan diresmikan pula pengukuhan DPD PPSKS Jabodetabek, DPD PPSKS Pabasko. Kemudian, menyusul DPW PPSKS Provinsi Riau bersamaan dengan sejumlah DPD-nya di sana.   

Aspirasi, keinginan dan kemauan para dunsanak Suku Koto, kata Damsuar, tak bisa terbendung yang dimotori generasi mudanya untuk membentuk rasa badunsanak melalui wadah PPSKS ini.

"Sehingga kita dari para inisiator, penggagas, pendiri yang langsung sebagai Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPSKS pertama, memang mengakui sengaja memperlambat dengan alasan lebih mengutamakan arus bawah para dunsanak terbentuk dulu," ucap Damasur.

Namun demikian, peresmian DPP PPSKS terus kian menguat untuk di selenggarakan sesegera. Tak pelak lagi, peresmian DPP PPSKS yang direncanakan bersamaan dengan DPD PPSKS Kabupaten Padang Pariaman dan DPD PPSKS Kota Pariaman, sebut putra Ampalu VII Koto Sungai Sariak ini mengawali sambutannya dalam pertemuan pembentukan Panitia Pelaksana "Baralek Gadang" PPSKS di kediaman H.Syaf Arafah, Paguah Duku, Nagari Kurai Taji, Padang Pariaman, Kamis siang (17/02/22).

Dalam kesempatan itu, ia memaparkan kronologis secara ringkas cikal bakal terbentuknya PPSKS. Pada intinya, organisasi ini merupakan wadah memayungi beberapa organisasi dunsanak Suku Koto yang telah lebih duluan eksisnya di tengah-tengah ummat.

"Kita bukan menyatukan, tetapi mempererat, menguatkan, memayungi dalam suatu wadah atau panji. Sehingga menjadi kekuatan luar biasa untuk kemaslahatan sosial kemasyatakatan, pendidikan, ekonomi keumatan yang bermartabat dan bermakna teruntuk dunsanak Suku Koto. Saciok bak anak ayam dan sadanciang bak basi," sebutnya yang mengaku merinding bulu romanya bicara.

 Menurut mantan Ketua LKAAM Padang Pariaman ini, sebagai "Pati Ambalau" nya untuk peresmian pengukuhan DPP PPSKS nanti, insya Allah akan kita usahakan mamak yang memegang gelar Datuak Tumangguang dari Nagari Tuo Pariangan, Luhak Tanah Datar itu.

"Kita akan datangi ke sana, dan ditelusuri bersama beberapa niniak mamak dan anak muda menjemputnya untuk bisa hadir. Ya kita usahakan menjelang peresmian pengukuhan nantinya," tegas dia bersemangat.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 80 orang dari bebagai unsur dengan utusan. Setidaknya, saran pendapat dan diskusi sangat hangat untuk berkemajuan badunsanak Suku Koto.

Ikut memberikan saran, pendapat dan nasehat sangat berguna dari Ali Sayafar Rangkayo Rajo Luanso Nagari Kurai Taji serta Asril Mukhtar Rangkayo Basa, yang merupakan Pucuak Adat Suku Koto Nagari Lubuak Aluang.

Kedua tokoh ninik mamak dunsanak Suku Koto ini, sangat mengapresiasi dan merasa bangga atas kehadiran PPSKS untuk mewadahi para dunsanak di Ranah Minangkabau maupun yang tersebar di Nusantara dan luar negeri.

Rapat yang dipimpin Asril Mukhtar Dt. Rangkayo Basa didampjngi Ali Syafar Rangkayo Rajo Luanso, Faisal Arifin Rangkayo Majo Basa dan Jufri Umar Koto, maka setelah melalui diskusi dan saran, terbentuklah susunan Panitia Pelaksana "Alek Gadang" peresmian DPP PPSKS, DPD PPSKS Kabupaten Padang Pariaman dan DPD PPSKS Kota Pariaman, sekaligus "Pulang Basamo" para dunsanak ke Ranah Minangkabau yang direncanakan sesudah lebaran bulan Mei 2022.

Rapat menyepakati susunan Panitia Pelaksana Alek Gadang Dunsanak Suku Koto dengan Ketua Alisafar Rangkayo Rajo Luanso, Wakil Ketua Azwar Anas

Wakil Ketua Zul Effendi Tene, Sekretaris Jufri Umar Koto, Wakil Sekretaris Nurlinawati, Bendahara H.Syaf Arafah, Wakil Bendahara Rafii Dt. Nansati.

Untuk Seksi Acara : Efrizal, Amsori Tuanku Basa,Yeniwati.SE.MM, Mira, Seksi Dokumentasi/Publikasi/Humas : Suardi Aminsyah Coto, Muhammad Roem Koto, Jimmy, Dasman Koto, Khairul Koto, Jasman. Seksi Dana : Faisal Arifin, Asril Mukhtar, Syafrizal.A.SH, Doni Hendra

Seksi Perlengkapan : Sawirman.SE.MM, Zartosh, Agam Koto, Dedek. Seksi Konsumsi : Misdarlina Amoy, Silfayeni, Rini Nofianti, Yeni Efi Lora, Meyli Susanti,Jusnida, Fitriani, Rahmayeni, Fatimah,Jamari, Yusmaitim, Yulia

Seksi Tamu : Mawarniati.F, Helmidawati, Refmainawita, Harisli, Wira Afrioza, Anida, Salmi, Efa, Yelni Elfina, Nofrizal Andes, Razaswati, Nasution Koto, Asmi.Seksi Keamanan : Hannas, Fadli, Hutman Koto, Adek Setiawan, Eri Salam Koto.

"Personel Panitia Pelaksana "Alek Gadang" Dunsanak Suku Koto untuk peresmian PPSKS ini masih dilakukan penambahan tenaga sejalan dengan proses persiapan. Juga akan dilakukan beberapa kali rapat jelang peresmian demi mematangkan kesiapan kerja berat ini. Mohon dukungan dari para dunsanak suku koto baik yang di ranah maupun dari rantau sadunia demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan kita nantinya" harap Jufri Umar Koto usai rapat itu kepada awak media ini. (saco)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies