Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Lestarikan Budaya Lokal, Padang Pariaman Gelar Sumarak Alek Anak Nagari

Parik Malintang, Sigi24.com--Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang secara resmi membuka kegiatan "Sumarak Alek Anak Nagari" 2021 yang diprakasai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah itu, di Hall IKK Parik Malintang, Selasa, (2/11/2021).

Kegiatan Sumarak Alek Anak Nagari tersebut digelar selama tiga hari kedepan dengan tiga jenis perlombaan, yakni perlombaan lagu pop Minang pada hari pertama yang pesertanya tidak hanya berasal dari Padang Pariaman, tetapi juga berasal dari beberapa daerah di luar Kabupaten Padang Pariaman, pasambahan adaik yang pesertanya dari kecamatan pada hari kedua, dan festival randai dari sanggar seni pada hari ketiga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk melestarikan kesenian daerah untuk mewujudkan pendidikan maju dan budaya hebat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat H. Gemala Ranti turut menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia berharap melalui festival yang diselenggarakan ini dapat mengangkat kebudayaan setempat.

"Kegiatan kebudayaan ini harus diangkat, dijaga, dan dilindungi. 40 persen kunjungan wisatawan adalah kunjungan budaya dan Padang Pariaman sangat kuat budayanya," ujarnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang memberikan apresiasi untuk kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengangkat dan melestarikan kebudayaan khususnya di Padang Pariaman.

Pendidikan dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, masyarakat yang berpendidikan pasti masyarakat yang berbudaya. Dengan demikian, Rahmang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu memupuk dan melestarikan kebudayaan Padang Pariaman.

"Tentu kitalah sebagai masyarakat Padang Pariaman yang bisa melestarikan kebudayaan kita, sebab setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing yang mana masyarakatnya mempunyai tanggungjawab masing-masing pula untuk melestarikan kebudayaan daerahnya," tutupnya.


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies