Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Di Parambahan, Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation Juga Menggelar Layanan Kesehatan Gratis

Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation menggelar layanan kesehatan masyarakat gratis di Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar. (ist)

TANAH DATAR, Sigi24.com--Untuk layanan kesehatan ini, Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation sengaja membawa Dokter Fathoni Akbar, dengan anggota Ausyi Zufni Putri.

Tenaga kesehatan, disamping didampingi langsung oleh Firdaus, juga mengikutsertakan Murhenna Uzra dan Ari Limay Trisno Putra.

Dari Sungai Jambu, Sabtu 1 Juni 2024 itu tim melanjutkan misi kemanusiaannya di Kecamatan Lima Kaum, tepatnya di Nagari Parambahan. Memberikan layanan kesehatan gratis bagi korban galodo.

Pasien di lokasi kedua program dari kolaborasi DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation ini didominasi oleh usia produktif.

"Keluhan kesehatan yang dirasakan oleh masyarakat berupa Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), hipertensi, dan gangguan cemas," ujar Ketua Tim DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation, Firdaus. 

Menurutnya, rasa cemas terjadi karena simpang siurnya berita dan beredarnya isu akan terjadinya air bah susulan.

"Total pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Parambahan ini sebanyak 35 orang," katanya.

Salah seorang anggota masyarakat Parambahan mengungkapkan, di waktu kejadian rumahnya hanyut beserta isinya, sejumlah motor dan uang Rp 30 juta. 

Yang juga hanyut disapu galodo, adalah tiga motor untuk usaha, dan sejumlah kolam ikan sebagai usaha rumah tangganya.

"Hingga saat ini, masih ada korban hanyut disapu banjir bandang yang belum bersua, warga Parambahan ini," katanya.

Nah, musibah besar berupa galodo beberapa waktu lalu, memberikan kesan trauma mendalam.

DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation hadir dengan bantuan logistik berupa alat pembersih dan alat belajar, serta muhasabah bencana, yang dituangkan dalam bentuk narasi para khatib di mimbar masjid.

Dan program ketiga, adalah layanan kesehatan masyarakat secara gratis. "Paling tidak, DMI Sumbar dan CT Arsa Foundation ingin masyarakat korban bencana, pulih kembali secara lahiriyah dan batiniah," kata Firdaus, Wakil Rektor UNU Sumatera Barat ini. (ad/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies